Seni Budaya

Gelar Nyadran, Warga Sukorejo Sajikan Hiburan Langen Beso

469
×

Gelar Nyadran, Warga Sukorejo Sajikan Hiburan Langen Beso

Sebarkan artikel ini

LOCERET, HarianForum.com – Warga Desa Sukorejo mengadakan tasyakuran dalam rangka Bersih Desa atau yang lebih terkenal dengan acara Nyadran, dengan hiburan Langen Beso ( Tayub ) yang digelar di 2 Makam yang dikeramatkan oleh Warga Desa Sukorejo.

Tasyakuran ini sebagai ungkapan dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas semua limpahan rejeki maupun kesehatan bagi masyarakat, juga untuk mengenang para leluhur yang telah babat tanah ( mendirikan desa ) Sukorejo Kecamatan Loceret, telah  ( 30/07/2023).

” Ini adalah sebagai rasa dan bentuk puji syukur kami dan semua warga Desa Sukorejo kepada Tuhan Yang Maha Esa, juga para leluhur kita, atas semua limpahan rejeki, kesehatan dan kesejahteraan bagi seluruh warga kami di Desa Sukorejo, semoga menjadikan warga kami gemah ripah loh jinawi, tentram sejahtera tak kurang dari satu apapun dan semoga diberi kelimpahan rejeki ” ujar Sutrisno selaku Kepala Desa Sukorejo.

Sedangkan Imam Jono selaku Kasi Kesra di Pemerintahan Desa Sukorejo mengatakan bahwa ini adalah iven Tahunan yang dilaksanakan setiap Tahun pada Tanggal 30 Bulan Syura dan diawali dengan Langen Beso ( Tayub ) untuk nguri – nguri Budaya Jawa, mengadakan tasyakuran dalam rangka Bersih Desa/ Nyadran.

” Disini ada 2 Makam yang dikeramatkan oleh warga, dan iven Tahunan ini diawali dengan acara Tayub, disini nanti dilaksanakan setengah hari terus pindah ke makam yang satunya, dan acara ini biasanya ditetapkan pada Tanggal 30 Bulan Syura ” jelas Imam Jono.

Imam Jono menambahkan, berharap warga Desa Sukorejo selalu diberikan berkah dan selalu melestarikan budaya jawa ini.

” Ini tetap nguri – nguri Budaya Jawa, dan mudah – mudahan dengan diadakannya tasyakuran dalam rangka bersih desa ini, semoga semua warga Desa Sukorejo selalu diberikan kemudahan, lancar rejeki dan masyarakatnya semua sejahtera ” harapnya.( gik )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *