Rabu , November 30 2022
31 views
Petugas Periksa Makanan Takjil (mer)

Petugas Temukan Takjil Mengandung Formalin di Kediri

Kediri, HarianForum.com – Inspeksi mendadak terhadap penjual makanan dan minuman buka puasa yang dilakukan oleh tim gabungan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Kesehatan dan Satuan Tugas Pangan Polresta Kediri menemukan makanan dan minuman yang mengandung boraks atau formalin dan zat pewarna tekstil, Senin (4/6/18).

Sidak yang dilakukan petugas di Jalan Hayam Wuruk Kota Kediri ini mengambil sejumlah sampel makanan dan minuman untuk dilakukan tes bahan yang terkandung di dalam makanan tersebut. Dari hasil pemeriksaan makanan dan minuman sampel tersebut petugas menemukan sejumlah makanan yang mengandung zat yang dapat membahayakan bagi tubuh manusia.

Zat-zat yang berbahaya tersebut yakni zat pewarna tekstil yang terdapat pada sirup atau minuman, formalin yang terkandung dalam mie, serta boraks yang terdapat pada chau. Zat berbahaya itu dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan hingga kanker apabila dikonsumsi secara terus menerus.

Sidak ini dilakukan agar penjual lebih memperhatikan standardisasi makanan, apakah layak konsumsi atau tidak. Untuk temuan makanan yang mengandung zat berbahaya, petugas masih akan melakukan uji laboratorium, sedangkan pedagang yang bersangkutan diberi peringatan.

Kegiatan ini akan dilakukan secara rutin setiap minggu selama bulan puasa, untuk mengantisipasi makanan dan minuman dari zat yang berbahaya. (Mer/Frm)

Check Also

Ditemukan Mayat Mengapung di Sungai Desa Mojokendil Kecamatan Ngronggot

Nganjuk, HarianForum.com- Dusun Sumbermulyo Desa Mojokendil Kecamatan Ngronggot, sekira Pukul 06.00 Wib di hebohkan dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.