Powered by free wordpress themes

Tuesday , October 19 2021
Home / Pertanian / Kemarau, Petani Tuban Panen Raya Kacang Tanah

Powered by free wordpress themes

Kemarau, Petani Tuban Panen Raya Kacang Tanah

Tuban, HarianForum.com- Kemarau yang melanda sebagian wilayah indonesia rupaya menjadi berkah tersendiri bagi petani kacang tanah di Kabupaten Tuban.

Hal tersebut sudah menjadi tradisi dan menguatkan posisi Kabupaten Tuban sebagai penghasil produk kacang terbaik di Jawa.

Seperti yang dirasakan petani Desa Pong-pongan, Kecamatan Merakurak ini, Sejak pertengahan bulan Agustus mereka telah memulai panen produksi lokal tersebut.

Nari salah satu petani di Tuban mengatakan, “Alhamdulillah harganya agak sedikit turun, tapi gak masalah, masih ada untung,”ujar Nari petani setempat.

Hal senada diutarakan Samudi,”Kita pakai air dari sumur pompa, sedikit mepet dengan biaya produksi, meskipun demikian pohonya bisa untuk pakan ternak, jadi masih lumayan,” ucap Samudi.

Tengkulak dari luar wilayah pun juga mulai masuk. Siswantoro, pedagang asal Pati saat di temui HarianForum.com di tempat terpisah bertutur, “Kacang Tuban memang bagus mas, jadi kita ambil langsung dari petani, mudah-mudahan tahun ini tidak bleset, dan harga terima pabrik relatif stabil,” tutur Siswantoro.

Pantauan dilapangan tampak puluhan hektar kacang mulai dipanen, dan semua dengan sistem tebas atau beli dilahan, dan petani tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan panen.(tbn 01)

Check Also

Tingkatkan Produktivitas Bawang Merah di Nganjuk, PT Petrokimia Gresik Luncurkan Agro Solution

Nganjuk, HarianForum.com- Petrokimia Gresik, perusahaan solusi agroindustri anggota holding PT Pupuk Indonesia menggelar panen bawang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *