Saturday , August 13 2022
Kondisi Gunung Agung Selasa (3/7/18) (kom)

Gunung Agung Kembali Diguncang 2 Kali Letusan Pagi Ini

Denpasar, HarianForum.com – Gunung Agung telah mengalami letusan pijar Senin (2/7/18) dan pagi ini Gunung Agung kembali meletus. Letusan Selasa (3/7/18) pagi tadi terjadi sebanyak 2 kali.

Menurut siaran resmi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi ( PVMBG), letusan pertama terjadi pukul 04.13 WITA.Tinggi kolom abu teramati kurang lebih 2.000 meter di atas puncak.

Dari pengamatan yang dilakukan, kolom abu berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat. Erupsi ini terekam seismogram dengan amplitudo maksimum 21 mm dan durasi sekitar 7 menit.

Smentara itu, letusan kedua terjadi pukul 09:28 WITA dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 2.000 m di atas puncak. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 24 mm dan durasi 3 menit 38 detik.

Gunung Agung masih berada pada status level III (siaga) walau terus mengalami letusan dalam kurun hampir sepekan terakhir, Gunung Agung masih berada pada status level III (siaga). Untuk itu, masyarakat di sekitar Gunung Agung, pendaki, pengunjung, dan wisatawan tidak berada dan beraktivitas apapun di zona perkiraan bahaya yaitu di seluruh area radius 4 km dari kawah puncak Gunung Agung. Zona perkiraan bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan. (Kom/Frm)

Check Also

150 Juru Masak, Unjuk Kepiawaian Dalam Festival Ikan Bakar Mustika Rasa Warisan Soekarno

Blitar, HarianForum.com – Sebanyak 150 ahli atau juru masak dari kabupaten Blitar, terlihat semangat menampilkan atau …

Leave a Reply

Your email address will not be published.