Powered by free wordpress themes

Monday , September 20 2021
Home / Peristiwa / Petani Sambaliung dan Teluk Bayur Terancam Gagal Panen Karena Banjir

Powered by free wordpress themes

Banjir di Sambaliung

Petani Sambaliung dan Teluk Bayur Terancam Gagal Panen Karena Banjir

Berau, HarianForum.com – Hujan deras yang mengguyur daerah hulu sungai selama tiga hari berturut-turut Minggu (18/06/17) diwilayah Sambaliung dan sekitarnya membuat sungai Kelay dan sungai Segah tak mampu menampung debit air, meluap dan berakibat banjir.

Banjir menggenangi wilayah Kecamatan Sambaliung dan Kecamatan Teluk Bayur, untuk kecamatan Sambaliung antara lain desa Tumit Dayak, desa Long Lanuk, desa Bena Baru dan desa Tumbit Sari.

Sedangkan Kecamatan Teluk Bayur banjir menggenangi desa Tumbit Melayu dan Kampung Pegat Bukur, akibat dari banjir tersebut membuat akses jalan kampung lumpuh total. Untuk bisa komunikasi dengan kampung lain maka warga harus berputar melalui holing batu bara.

Jemani warga desa Tumbit Dayak, Kecamatan Sambaliung mengatakan, banjir tersebut menyebabkan perekonomian ratusan Kepala Keluarga lumpuh total, bahkan menurutnya, petani didaerahnya terancam gagal panen.

Semua sawah dan kebun tergenang air, hamparan jagung, tanaman sayur, serta kebun kakao juga tergenang. “tanaman pala milik saya yang baru berumur mingguan juga terendam banjir, saya khawatir tidak bisa panen,” ungkapnya.

Warga disekitar sini mengharapkan perhatian pemerintah untuk bisa mengatur infrastruktur pertaniannya agar tidak terjadi lagi gagal panen untuk tahun-tahun berikutnya. (Snk/Jem)

Check Also

Pria Asal Pasuruan Ini Ditemukan Tergeletak Bersimbah Darah, Begini Kronologinya

Nganjuk, HarianForum.com- Warga Desa Gentong Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pasuruan MH (19) ditemukan tergeletak bersimbah darah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *