Berita

Peringati Hari Lahir Pancasila ke-79, Pemkab Nganjuk Gelar Upacara Dengan Penuh Khidmat dan Lancar

199
×

Peringati Hari Lahir Pancasila ke-79, Pemkab Nganjuk Gelar Upacara Dengan Penuh Khidmat dan Lancar

Sebarkan artikel ini

NGANJUK, HarianForum.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk menggelar upacara peringatan Hari Pancasila ke-79 di GOR Anjuk Ladang, Kabupaten Nganjuk, pada Sabtu (01/06/2024). Dengan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, upacara ini berlangsung khidmat dan lancar.

Penjabat (Pj) Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, bertindak sebagai inspektur upacara. Turut hadir Ketua DPRD Nganjuk, Tatit Heru Tjahjono, Anggota DPRD Nganjuk, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Nganjuk, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Nganjuk, anggota Polri dan TNI di Kabupaten Nganjuk, Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Nganjuk, serta beberapa mahasiswa dan siswa di wilayah Nganjuk.

Upacara dimulai dengan pengibaran bendera merah putih yang diiringi oleh lagu kebangsaan Indonesia Raya. Setelah itu, dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila oleh Pj Bupati Nganjuk, dan dilanjutkan pembacaan pembukaan UUD 1945 yang menciptakan suasana penuh rasa nasionalisme.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Nganjuk menekankan pentingnya tema Peringatan Pancasila tahun ini. “Tema ini mengandung makna bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa peringatan Hari Pancasila ini harus menjadi momentum untuk bekerja sama dan berkolaborasi dalam menjaga kerukunan dan keutuhan bangsa, sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. “Semoga peringatan Hari Pancasila ini dapat meningkatkan semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” harapnya.

Upacara peringatan Hari Pancasila ini diharapkan dapat menjadi pengingat bagi seluruh masyarakat Nganjuk akan pentingnya menjaga dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, demi terciptanya Indonesia yang lebih baik di masa mendatang.

Saat diwawancarai di lokasi, Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna mengatakan, “Hari ini kita melaksanakan upacara dalam memperingati Hari Lahir Pancasila ke-79. Kiranya melalui Pancasila dengan tema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045’, ini merupakan momentum untuk mengamalkan nilai-nilai yang terkandung oleh nusantara ini dan menjadikannya semangat perjuangan menuju Indonesia 2045,” jelasnya.

(Sov)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *