Berita

Upacara Wisuda Purna Bhakti Anggota Polri Periode Oktober 2022 Sampai dengan November 2023.

383
×

Upacara Wisuda Purna Bhakti Anggota Polri Periode Oktober 2022 Sampai dengan November 2023.

Sebarkan artikel ini
Upacara pelepasan purnawirawan anggota polri

NGANJUK, HarianForum.com – Sebanyak 38 anggota Polri dan ASN Polres Nganjuk periode November 2022 sampai dengan November 2023 yang telah purna tugas dilepas Kapolres Nganjuk AKBP Muhammad S.H., S.I.K., M.Si dalam upacara pelepasan bertempat di Lapangan Apel Polres Nganjuk, Selasa (19/12/2023).

Dalam sambutannya, AKBP Muhammad menyampaikan rasa haru dan bangga kepada wisudawan Purna Bakti yang hadir bersama para istri ( Bhayangkarinya). perjuangan para purnawirawan dalam menjalankan roda organisasi Kepolisian Negara Republik Indonesia patut mendapatkan apresiasi dari para generasi penerus.

Kegiatan ini merupakan wujud penghargaan kepada anggota Polri dan ASN yang memasuki masa pensiun, masa pensiun adalah babak baru bagi abdi negara untuk kembali ke lingkungan masyarakat.

“Untuk itu saya berharap kiranya dapat menghadapi masa akhir kedinasan untuk berfikir positif, gunakan keterampilan yang saudara punya, melakukan kegiatan yang berguna, sehingga dapat bermanfaat bagi banyak orang,” sambung AKBP Muhammad.

Sebagai rangkaian seremonial upacara, para purnawirawan menerima satu – persatu medali dan piagam pelepasan yang disematkan oleh Kapolres saat upacara berlangsung, dilanjutkan dengan resepsi wisuda yang dilaksakan di Joglo Mapolres Nganjuk.

Ucapan terima kasih yang diberikan oleh para purnawirawan polri salah satunya Komp. Sumadi dengan jabatan terakhir Kapolsek Ngluyu serta kegiatan yang dilakukannya setelah purna baktinya.

“Pertama mengucapkan terima kasih kepada jajaran Polres Nganjuk khususnya Bapak Kapolres yang telah melantik saya pada pelepasan terkahir berbakti kepada polisi dengan diadakannya wisuda purnabakti,” ujar Kompol Sumadi.

Lebih lanjut, Purna Kompol Sumadi menambahkan kegiatan-kegiatan yang dilakuknnya setelah purna yakni ternak kambing, itik, bebek dan lainnya untuk menikmati sisa-sisa hidupnya dan diberikan kesehatan jasmani dan Rohani.

Kapolres Nganjuk AKBP Muhammad mengungkapkan kurang lebih 38 senior yang diberikan penghargaan terbaik yang sudah purnabakti mengabdi kepada polri selama 30 tahuh, 32 tahun dan 35 tahun. Dan secara terpusat Mabes Polri memberikan pelatihan terkait kehidupan menghadapi pasca pensiun seperti pelatihan wirausaha, berternak dan bercocok tanam.
Selanjutnya pada pelaksanaan ceremonial pelepasan ada tradisi diantaranya pedang pora yang dilanjut dengan menaikkan meraka ke becak lalu kita kayuh tujuannya sebagai tanda menghargai para senior yang sudah betul-betuk mengabdikan dirinya ke intitusi Polri.

“Pesan Kami adalah tetap jaga silahturahmi pada intitusi Polri, Harus semangat survive dalam kehidupan baru bermasyarakat dengan kegiatan positif,” ujar Kapolres Nganjuk.

Lebih lanjut, AKBP Muhammad menyampaikan untuk segera komunikasikan hak politiknya kepada KPU di tempat tinggal setempat untuk bisa memproses hak suaranya.

Setelah sambutan berakhir saatnya para peserta wisuda dikirap melalui prosesi upacara pedang pora. Penyambutan upacara pedang pora dilaksanakan dengan penuh khidmat, selanjutnya dengan menaiki becak berhias mengantarkan peserta wisuda sampai pintu gerbang keluar Mapolres Nganjuk yang telah resmi mengakhiri masa tugasnya di Kepolisian Republik Indonesia. (salsha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *