Uncategorized

Pemkab Nganjuk Launching Gita Ratri di SMAN 1 Nganjuk

412
×

Pemkab Nganjuk Launching Gita Ratri di SMAN 1 Nganjuk

Sebarkan artikel ini

Nganjuk, HarianForum.com – Pemkab Nganjuk Launching Gerakan Minum Tablet Tambah Darah (Gita Ratri) di SMAN 1 Nganjuk pada Jum’at (8/9/2023)

Gerakan ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan disiplin minum tablet tambah darah bagi remaja putri untuk mengurangi Stunting di usia remaja.

Dalam acara tersebut Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi menuturkan pentingnya mencegah anemia pada usia remaja dengan memberikan nutrisi/tabletĀ  penambah darah “Kita membangun daerah itu tidak membangun fisiknya saja, tetapi juga membangun non fisiknya.

Membangun non fisikĀ  tujuannya adalah membentuk SDM berkualitas unggul. SDM unggul itu dimulai dari yang sifatnya basic, misalnya di bidang kesehatan ” imbuh Marhaen.

Selanjutnya, Christiana Firmaningtyas selaku Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk menjelaskan terkait GITA RATRI. GITA RATRI adalah sebuah inisiatif yang bertujuan memberikan tablet penambah darah kepada remaja putri karena jika terjadi penurunan darah atau anemia bisa berdampak serius, termasuk menurunkan tingkat kecerdasan dan berpotensi kematian bagi Ibu dan Bayi karena stunting.

“Minum tablet tambah darah untuk remaja putri itu sangat penting karena remaja putri yang anemia akan berakibat fatal bila ini di biarkan”. ucap Christiana

Christiana juga menegaskan mencegah lebih baik daripada menangani kasus stunting.

“Ini sebuah gerakan dari Pemerintah Kabupaten Nganjuk, semua sekolah akan melaksanankan GITA RATRI.

Harapannya untuk remaja putri adalah gunakan tablet ini sebagai suatu kebutuhan bukan hanya suatu keinginan supaya kelak tidak ada anemia pada remaja putri.” pungkasnya.

(Yohan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *