Powered by free wordpress themes

Monday , October 21 2019
Home / Pertanian / Wujudkan Lahan Pertanian Yang Ramah Lingkungan, Tani Karya Makmur Uji Coba Tanam BAMELE

Powered by free wordpress themes

Wujudkan Lahan Pertanian Yang Ramah Lingkungan, Tani Karya Makmur Uji Coba Tanam BAMELE

Nganjuk, HarianForum.com-ย Dalam rangka meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani serta meningkatkan hasil pertanian yang berorientasi pada produk pertanian organik sekaligus mewujudkan lahan pertanian yang ramah lingkungan, di Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk tepatnya di lahan kel tani karya makmur Dusun Padangan Desa Banaran kulon sedang dilaksanakan uji coba tanama BAMELE (Bawang Merah Lele).

BAMELE Adalah mengintegrasikam pertanian, perikanan dan tehnologi yakni memamfaatkan tehnologi light trap yang sudah teruji dan mendapat juara terbaik I Provinsi Jatim tahun 2015 pada lomba Tehnologi Pertanian Provinsi Jawa Timur.

Penanaman bawang merah dan penebaran bibit ikan lele tersebut dilaksanakan hari Selasa tanggal 4 Juni 2019 di lahan Agus anggota keluarga Tani Karya Makmur Desa Banaran kulon.

Menurut Camat Bagor Kasno, Sos, dengan uji coba ini dampak atau hasil yang diharapkan anara lain, petani tidak perlu membuat kolam untuk budi daya ikan lele, air got yang dikasih ikan akan berdampak baik untuk pertumbuhan bawang merah karena air got mengandunh nutrisi kotoran ikan lele, mengurangi ketergantunga petani terhadap pestisida dan akan mewujudkan lahan pertanian yang ramah lingkungan.

Kemudian, menghasil pruduk pertanian dan perikanan yang lebih baik dan sehat/organik (tanpa pestisida), membuka lapangan kerja baru dalam hal Penyediaan bibit ikan lele serta penyediaan dan pemasaran pakan ikan lele dan pamasaran hasil ikan lele.

Lebih jauh Camat Bagor Kasno mengatakan uji coba ini kerjasama antara Pemerintah kecamatan, TNI, petani, penyuluh dan P4S joglo Nganjuk, diharapkan keberhasilan uji coba ini bisa menjawab permasalahan Kabupaten Nganjuk utamanya pemenuhan akan pruduk pertanian yang lebih sehat (organik) baik bawang merah dan ikan lele.(adv)

Check Also

Bupati Jombang Hadiri Panen Raya Kampung Petroganik

Jombang, HarianForum.com– rasa syukur dihaturkan oleh warga Dusun Bungkil Desa Kedungrejo kecamatan megaluh dengan menggelar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *