Powered by free wordpress themes

Sunday , December 5 2021
Home / Pertanian / Wawan Arjuan : Butuh 15 Menit/Ha Penyemprotan Phonska OCA Dengan Drone

Powered by free wordpress themes

Wawan Arjuan : Butuh 15 Menit/Ha Penyemprotan Phonska OCA Dengan Drone

Nganjuk, HarianForum.com- Hanya butuh 15 menit dalam satu hektar, Teknologi penyemprotan pupuk cait Phonska OCA dengan menggunakan drone tentunya menjadi solusi terbaik bagi petani, karena mudah, cepat, juga murah.

Demikian disampaikan Wawan Arjuna AVP Asisten Vice Presiden Penjualan Wilayah Jatim 1 Pupuk Indonesia saat menghadiri Launching teknologi penyemprotan pupuk organik cair bersubsuidi menggunakan drone, di Desa Musir Lor, Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk, Senin (22/11/2021).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Nganjuk Yudi Ernanto menyambut baik kegiatan yang diinisiasi oleh Pupuk Indonesia. “Kami yakin dengan kerjasama yang dibangun bersama PT Pupuk Indonesia (Persero) dan TodayTech ini, Petani dapat memanfaatkan teknologi drone pertanian agar bertani lebih mudah dan menyenangkan, dan tentunya hasil panen dapat meningkat secara signifikan. Apalagi uji lokasi di berbagai daerah sudah terbukti hasilnya. Tentu saja hal ini dapat menambah motivasi petani di Kabupaten Nganjuk,” tuturnya.

“Untuk meningkatkan produktivitas dan hasil panen, para petani  harus mau dan disiplin menerapkan sistem budidaya sesuai anjuran Dinas Pertanian Kabupaten Nganjuk serta PT Pupuk Indonesia (Persero)” Imbuhnya.

Sementara itu, Vice President Penjualan Wilayah 4A pupuk Indonesia Iyan Fajri mengatakan bahwa penyemprotan massal diselenggarakan sebagai bentuk upaya Pupuk Indonesia bersama Stakeholder, dalam hal ini TodayTech, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Nganjuk dan Kelompok Tani dalam peningkatan produksi pangan melalui perbaikan kondisi lahan menggunakan pupuk organik

Selain itu, dikatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk dukungan serta sarana edukasi kepada petani di Kabupaten Nganjuk dalam menerapkan pemupukan yang presisi menggunakan teknologi drone pertanian yang lebih mudah dan menyenangkan.

Selain itu, Iyan Fajri mengatakan inovasi perusahaan pada produk pupuk organik cair Phonska OCA dan peran kementerian Pertanian untuk meningkatkan produktivitas pertanian yang berkelanjutan menjadikan produk Phonska OCA ini menjadi salah satu produk subsidi pada tahun 2021.

“Penambahan pupuk organik cair ini dijalankan pemerintah dengan prinsip efisiensi dan tetap mengedepankan kualitas dan kemudahan dalam aplikasi oleh petani, untuk meningkatkan hasil panen yang optimal,” jelas Iyan Fajri.

Lebih lanjut, Iyan menyampaikan terima kasih kepada petani dan pihak pemerintah Kabupaten Nganjuk yang telah mendukung dan memberikan kepercayaan kepada PT Pupuk Indonesia (Persero) selama ini. Diharapkan sinergi ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dan ketahanan pangan nasional.

Pada kesempatan yang sama, perusahaan Agrosolusi untuk Indonesia ini juga sekaligus memperkenalkan 2 (dua) varian pupuk subsidi terbaru yang dapat digunakan oleh petani di berbagai wilayah di Indonesia termasuk di Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur, kedua pupuk tersebut yaitu pupuk organik cair dengan nama Phonska Oca dan NPK Phonska formula 15-10-12.

Phonska OCA merupakan pupuk memiliki kandungan unsur hara majemuk NPK dan pupuk organik dalam bentuk cair dengan kandungan C-Organik minimal 6 persen, serta diperkaya dengan unsur mikro serta mikroba fungsional yang bermanfaat untuk tanah dan tanaman.

Phonska OCA telah melewati uji laboraturium de lembaga penelitian dan uji coba aplikasi di berbagai daerah yang mana hasilnya Phonska OCA sangat cocok diaplikasikan pada tanaman padi maupun komoditas lain dan mampu meningkatkan produktivitas antar 13 hingga 61 persen.

Adapun cara aplikasi Phonska Oca adalah dengan disemprot, dengan dosis 5 liter per hektar dilakukan penyemprotan secara rutin setiap satu minggu sekali. Menjadi kebanggaan, Phonska OCA merupakan produk organik yang diproduksi sepenuhnya dengan 100 persen bahan baku dalam negeri.

Sepuluh anak perusahaan dimaksud seabagai berikut : PT Petrokimia Gresik (PKG), PT Pupuk Kujang Cikampek (PKC), PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT), PT Pupuk Iskandar muda (PIM), PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (PSP), PT Rekayasa Industri (Rekind), PT Mega Eltra (ME), PT Pupuk Indonesia (Persero) Logistik (PILog), PT Pupuk Indonesia (Persero) Pangan (PIP). Informasi lebih lengkap tentang Pupuk Indonesia dapat dilihat di www.pupuk-indonesia.com.(red)

Check Also

Trap Barrier System, Perangkap Tikus Sawah Paling Efektif

Blitar, HarianForum.com- Sudah Jatuh Ditimpa Tangga, ibarat paling tepat dirasakan oleh Sriamin, seorang petani yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *