Powered by free wordpress themes

Sunday , December 5 2021
Home / Peristiwa / Waspada, Sepuluh Sarang Tawon Ndas Dievakuasi Tim BPBD Tuban Dalam Sebulan

Powered by free wordpress themes

Waspada, Sepuluh Sarang Tawon Ndas Dievakuasi Tim BPBD Tuban Dalam Sebulan

Tuban, HarianForum.com- Setelah adanya kejadian serangan tawon Ndas atau tawon yang mempunyai nama latin Vespa Affinis, yang mengakibatkan warga di Kecamatan Soko, Kabupaten meninggal Dunia beberapa hari yang lalu.

Setelah kejadian tersebut, Badan Penaggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Tuban sudah mengevakuasi kurang lebih sepuluh sarang tawon Ndas yang meresahkan masyarakat, Sarang Tawon Ndas yang dievakuasi diantaranya, di Kecamatan Soko, Palang dan Kecamatan Semanding.

“Dalam waktu Satu bulan ini, kami sudah ada sepuluh sarang tawon yang telah kami evakuasi,” jelas Emil Pancoro Plt Kalakas BPBD Kabupaten Tuban, Senin(2/12/2019).

Lanjut Emil sapaan akrabnya, mengunkapkan munculnya tawon ndas tersebut disebabkan
karena kebiasaan masyarakat yang membuang sampah secara sembarang, sehingga sampah itu merupakan makanan tawon tersebut, yang mengakibatkan tawon muncul dan membuat sarang di sekitarnya, hal ini biasanya yang membahayakan warga sekitar, bahkan sudah ada kejadian di kecamatan soko yang sampai meninggal dunia.

“Munculnya Tawon ndas disebabkan karena kebiasaan masyarakat yang membuang sampah sembarang, karena dari sampah sumber makanan dari taeon tersebut, dan juga disebabkan faktor alam,” jelasnya.

Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat agar masyarakat byang pertama membuang sampah pada tempatnya dan harus di bakar agar tidak menjadi tempat sampah yang membahayakan dan berpotensi mendatangkan bahaya, baik penyakit, serangga-serangga tawon dan sebagainya, yang kedua menjaga lingkungan disekitarnya masing – masing,

“Apabila terkena sengatan tawon saya sarankan dibawa ke Puskesmas terdekat karena ada efekk deman dari sengatan yang ditimbulka,”tuturnya.

Check Also

Meskipun Dimusim Penghujan, Api Mengamuk Didua Lokasi

Blitar, HarianForum.com – Meski  hujan mengguyur hampir setiap hari dengan curah hujan yang cukup tinggi, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *