Powered by free wordpress themes

Tuesday , September 21 2021
Home / Serba-serbi / Virus Kuning Mengancam, Klinik Tanaman IPB Gelar Bincang Bareng

Powered by free wordpress themes

Virus Kuning Mengancam, Klinik Tanaman IPB Gelar Bincang Bareng

Bogor, HarianForum.com- Tergantung dengan kondisi wilayah setempat untuk penanaman, tahun ini kesulitan memprediksi cuaca, seperti di wilayah Bogor masuk bulan Juni curah hujan masih tinggi, bahkan menurut Bonjok Istiaji, S.P., M.Si, salah satu dosen di Institut Pertanian Bogor saat ini hujan deras masih terus mengguyur.

Kondisi tersebut disampaikan pengajar pada program studi proteksi tanaman IPB, menjawab HarianForum.com atas pertanyaan tentang ancaman apa saja yang akan dihadapi oleh petani menjelang musim kemarau

Pada pergantian dari musim hujan berganti musim kemarau ada sebuah kekhawatiran bagi petani, biasanya pada musim tersebut organisme pengganggu tanaman akan tumbuh lebih cepat, sehingga menyebabkan kerusakan pada tanaman. Dan pastinya mengakibatkan penurunan produktivitas tanaman pada saat panen. Seperti tanaman padi, bawang, cabai, ubi jalar, dan tanaman sayur lainnya, biasanya menjadi sasaran serangan hama penyakit yang berkembang dengan cepat.

Disinggung tentang langkah maupun antisipasi yang dilakukan oleh departemen proteksi tanaman IPB dengan adanya kondisi yang mengancam hasil produksi pada tanaman, master entomologi atau pakar ilmu serangga ini menyampaikan adanya rencana pada awal bulan Juli 2020 nanti, bakal digelarnya bincang bincang bareng dengan tujuan disamping membangun tali silaturahmi juga mengukuhkan rasa persaudaraan kaum tani supaya tidak terputus karena adanya pandemi corona juga rembugan tentang seputar kesehatan tanaman.

Namun konsentrasi tujuan yang paling penting digelarnya bincang bareng dengan Klinik Tanaman IPB, untuk menyambungkan pengetahuan dan pengalaman, mencari solusi praktis dan berkelanjutan bagi permasalahan hama dan penyakit di lapangan. Acara
yang diselenggarakan oleh Klinik Tanaman Departemen Proteksi Tanaman
Faperta IPB, website : www.ptn.ipb.ac.id
Instagram : @ptn_ipb YouTube : Departemen Proteksi Tanaman – IPB University terbuka untuk semua, petani, praktisi pertanian, PPL, POPT, petugas lapangan, akademisi, mahasiswa, aktivis, pengamat, simpatisan pertanian, dan profesi lainnya.

Jadwal bincang bareng melalui ZOOM dan Live Streaming Official YouTube Departemen Proteksi Tanaman IPB University. Dengan diawali membagi pengalaman sekaligus menggali solusi tentang “Cabai jelang Musim Kemarau: Waspada Virus Kuning dan Daun Keriting”, digelar pada Kamis, tanggal 2 Juli 2020, pukul 09.00 sampai dengan 11.00 WIB.

Bincang bincang menghadapi wabah virus kuning dan daun keriting, Dr.Ir Widodo MS pakar Fitopatologi atau ahli penyakit tumbuhan akibat serangan patogen ataupun gangguan ketersediaan hara dari Klinik Tanaman IPB, yang didapuk sebagai nara sumber.

Dengan narahubung di 0895 6200 18800, akses formulir pendaftaran : bit.ly bincangbarengklintan, bincang bareng nantinya juga hadir kabar dari lahan Usnadi seorang petani, penyuluh swadaya, Bogor Jawa Barat, dan Tamrin Khamidi, POPT, bertani, Tegal Jawa Tengah, serta Damianto yang juga petani, aktivis pertanian, dari Pasuruan Jawa Timur.(Ans)

Check Also

Polres Blitar Kota Kawal Bantuan Jagung Dari Presiden RI Untuk Peternak Asal Blitar

Blitar, HarianForum.com– Satreskrim Polres Blitar Kota mengawal pemberian jagung untuk Suroto (51) Warga Desa Suruwadang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *