Tuesday , August 16 2022
Gunung Merapi di Sleman, Yogyakarta (lip/6)

Usai Erupsi Freatik, Saat Ini Kondisi Gunung Merapi Mulai Normal

Yogyakarta, HarianForum.com – Menurut informasi Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yokyakarta, kondisi Gunung Merapi mulai berangsur normal setelah mengalami erupsi pagi ini, Jumat (11/5/18).

Erupsi Gunung Merapi terjadi pagi ini pukul 07.40 WIB dengan durasi kegempaan 5 menit dan ketinggian kolom erupsi tersebut mencapai 5.500 meter di atas puncak.

Erupsi ini berlangsung sekali dan tidak diikuti erupsi susulan. Sebelum erupsi freatik atau didominasi uap air ini terjadi jaringan seismik Gunung Merapi tidak merekam adanya peningkatan kegempaan, namun sempat teramati peningkatan suku kawah Gunung Merapi secara singkat pada pukul 06.00 WIB.

Setelah erupsi, kegempaan yang terekam tidak mengalami perubahan dan suhu kawah mengalami penurunan. “Karena mendengar suara gemuruh seperti suara pesawat datang, warga berhamburan keluar.” Kata salah satu warga Kaliurang, Sleman, Jumat (11/5/18).

Dirinya juga mengaku bahwa sekitar pukul 07.43 WIB mendengar suara gemuruh dari Gunung Merapi. Semua warga dikawasan tersebut pun panik keluar rumah untuk menyelamatkan diri. (Lip/6/Frm)

Check Also

Nyawa Melayang Setelah Tertabrak Kereta Api

Nganjuk, HarianForum.com – Nyawa melayang setelah tertabrak Kereta Api, tepatnya di rel kereta api jalur selatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.