Powered by free wordpress themes

Monday , September 27 2021
Home / Serba-serbi / Unik Bentuknya Lezat Dagingnya

Powered by free wordpress themes

Hewan Landak Yang Unik Dan Lezat

Unik Bentuknya Lezat Dagingnya

Jombang, HarianForum.com – Keunikan landak yang termasuk herbivora ini sangat menyukai daun, batang dan bagian kulit kayu. Karena itulah landak dianggap sebagai hama tanaman pertanian. Walaupun demikian, namun landak dapat diolah menjadi menu makanan yang cukup lezat, yakni sebagai Sate landak yang merupakan menu khas dari Kabupaten Karanganyar.

Terdapat puluhan jenis Landak diseluruh dunia. Indonesia saja memiliki sedikitnya 4 jenis landak. Dalam bahasa Indonesia semuanya hanya dikenal dengan satu nama yaitu “Landak”. Padahal secara taksonomi merupakan spesies yang berbeda.

Bahkan dalam bahasa Inggris pun disebut dengan nama yang berbeda. Keempat jenis landak tersebut adalah Malayan Porcupine (Hystrix brachyura), Sunda Porcupine (Hystrix javanica), Sumatran Porcupine (Hystrix sumatrae), dan Bornean Porcupine (Thecurus crassispinis).

Keunikan Landak merupakan hewan mungil yang memiliki beberapa kemampuan. Seiring dengan perkembangan zaman yang terbilang pesat ini, landak tidak menjadi binatang yang ditakuti lagi. Malah sebaliknya, landak mulai dikembangkan untuk dipelihara.

Terdapat beberapa jenis landak yang bisa dipelihara oleh manusia, salah satunya landak mini. Keunikan landak juga cukup banyak, sehingga dapat dijadikan hewan peliharaan yang bersahabat.

Ukuran tubuh landak yang mungil dapat menjadi sangat menggemaskan. Namun jika ingin merawat landak sebagai binatang peliharaan, tentu saja harus merawatnya dengan hati-hati. Dan kenali terlebih dulu keunikan landak serta ciri-cirinya berikut ini.

Ciri Khas Landak
Landak termasuk hewan pengerat atau Rodentia dengan rambut yang tebal serta menyerupai duri yang tajam. Binatang ini dapat ditemukan diwilayah Asia, Afrika serta Amerika dan cenderung menyebar diarea tropika. Landak merupakan hewan pengerat terbesar urutan ketiga jika ditinjau dari ukuran tubuh, setelah kapibara dan berang-berang.

Hewan yang satu ini cukup unik, sebab memiliki kemampuan untuk membulat serta tak terlalu gesit atau lincah jika disejajarkan dengan tikus. Akibat rambut durinya, hewan lain juga dapat dikenali sebagai landak, namun bukan pengerat, yakni seperti hedgehog serta landak semut (Echidna).

Bentuk Fisik Landak
Landak Afrika bisa mencapai berat hingga 20 kg bahkan lebih, namun landak yang hidup di Amerika Selatan hanya memiliki berat 1 kg saja dan bisa kurang. Tentu ini merupakan keunikan landak yang jarang diketahui orang.

Sebenarnya landak tak dapat melemparkan duri untuk menusuk predator. Ketika ia berhadapan dengan pemangsa, landak membalikkan tubuhnya lalu membela diri dengan duri panjangnya yang terdapat pada bagian belakang tubuh.

Ketika duri landak menancap ke predator, maka duri akan masuk semakin dalam ke jaringan otot karena adanya gerakan dari otot. Ini dapat menyebabkan kematian akibat penetrasi dan infeksi. (Dh/Frm)

Check Also

Kapolda Jatim Hadiri Upacara Peringatan HUT UU Nomor 5 Tahun 1960 di Kantor Kanwil BPN Prov Jatim

Surabaya, HarianForum.com- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, bersama Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *