Sabtu , Januari 28 2023
110 views

Tingkatkan Kapasitas Penyuluh, Dinas Pertanian dan Pangan Kab. Blitar Gelar Pelatihan

Blitar, HarianForum.com- Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Blitar menggelar pelatihan peningkatan kapasitas penyuluh pertanian, Kamis (25/03/2021). Acara itu dibuka langsung oleh Kepala BPP (Balai Penyuluhan Pertanian) Kanigoro Nawirin dan didampingi oleh Budi Sarwono selaku Koordinator Jabatan Fungsional BPP Kanigoro.

Berlangsung di Balai Penyuluh Pertanian Kanigoro, kegiatan yang dimulai sekira pukul 09.00 WIB tersebut menghadirkan narasumber yakni Pimpinan Redaksi HarianForum.com Siti Nur Kholifah serta diikuti sebanyak 22 koordinator penyuluh.

Siti Nur Kholifah saat memberikan materi

Dalam kesempatan tersebut, Siti Nur Kholifah memaparkan dua materi yakni unsur-unsur berita serta kode etik jurnalistik. Pada materi pertama, ia memberikan penjelasan terkiat unsur-unsur berita meliputi 5W+1H.

“5W+1H yakni what (apa), where (dimana), when (kapan), who (siapa), why (kenapa), how (bagaimana) itu adalah unsur berita yang wajib ada didalam berita agar berita tersebut bisa dikatakan berita utuh,” jelasnya.

Selanjutnya, Siti Nur Kholifah memaparkan terkait kode etik jurnalistik yang merupakan batasan untuk wartawan dalam menjalankan tugasnya sebagai wartawan.

“Dalam kode etik jurnalistik ada 11 pasal yang harus dipatuhi dan dilaksanakan oleh seorang wartawan profesional. Agar wartawan tersebut bisa melaksanakan tugas jurnalistik dengan baik,” tambahnya.

Budi Sarono mengatakan pelatihan ini sangat bermanfaat bagi para peserta yang merupakan koordinator penyuluh, sehingga dengan adanya pelatihan ini peserta diharapakan bisa menulis secara jurnalistik dan ilmiah dan bisa memberikan pengetahuan tentang pertanian kepada masyarakat luas.

Selama kegiatan berlangsung, koordinator penyuluh nampak antusias dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada narasumber.(Red)

Check Also

Berhasil Terapkan Sistem Pertanian Modern Dalam Greenhouse, SIG GHoPO Tuban Panen Buah Melon

Tuban, HarianForum.com- Komitmen Corporate Social Responsibility (CSR) PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) GHoPO Tuban …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *