Powered by free wordpress themes

Monday , September 20 2021
Home / Kesehatan / Tidak Hanya Segar, Tetapi Juga Menghilangkan Penyakit

Powered by free wordpress themes

Buah Sirsak Menyegarkan dan Menyehatkan

Tidak Hanya Segar, Tetapi Juga Menghilangkan Penyakit

HarianForum.com – Sirsak memiliki nama latin Annona muricata L dan berasal dari keluarga Annonaceae.

Tanaman sirsak berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Sirsak memiliki nama sebutan yang berbeda-beda di setiap daerah di Indonesia.

Misalnya orang Sunda menyebutnya sebagai Nangka Walanda, orang jawa menyebutnya Nangka Landa, sementara orang Minang menyebutnya dengan Duriana Betawi.

Buah sirsak juga seringkali digunakan sebagai obat tradisional, begitu juga dengan daun, biji dan akarnya. Tidak heran, beberapa tahun belakangan ini, buah sirsak menjadi sangat populer, seperti buah manggis.

Kandungan Senyawa Buah Sirsak
Bukan tanpa alasan, jika buah dan daun sirsak dijadikan sebagai bahan untuk pengobatan alternatif. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa yang terkandung di dalamnya sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Serat
Sirsak mengandung banyak serat untuk memfasilitasi gerakan pencernaan dan usus, dan dapat membantu mengontrol kadar kolesterol. Selain itu, buah ini juga dapat membantu Anda mengontrol nafsu makan dan kontrol berat badan.

Karbohidrat
Secangkir sirsak mengandung karbohidrat hampir 38 gram, yang merupakan sumber energi utama tubuh. Asupan karbohidrat harian Anda harus mencapai 45-65 persen dari kalori tubuh, yaitu 225-325 gram per hari untuk diet 2.000 kalori. Selain itu, jenis karbohidrat yang terkandung dalam buah yang jauh lebih sehat dari yang ditemukan dalam soda atau kue, karena dapat memicu kenaikan gula darah.

Kalium
Sirsak merupakan makanan sehat yang dapat meningkatkan asupan kalium untuk tubuh Anda. Kalium sangat penting bagi tubuh karena membantu otot-otot, tulang kontraksi, pencernaan dan mengatur tingkat tekanan darah yang sehat.

Vitamin C
Buah sirsak sangat kaya akan vitamin C. Perempuan harus memenuhi asupan 75 mg vitamin C per hari, sedangkan lelaki sekitar 90 mg per hari. Vitamin C berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan penyakit, termasuk kerusakan kulit, dan menyembuhkan luka. Selain itu, vitamin C juga dianggap sebagai antioksidan yang bisa melawan kerusakan akibat radikal bebas.

Air
Secangkir sirsak mengandung hampir 183 gram air. Menurut MayoClinic.com, kebanyakan orang perlu 8-9 gelas air setiap hari. Buah dengan kadar air yang tinggi, termasuk sirsak, dapat membantu mencegah dehidrasi.

Fosfor dan Kalsium

Mineral yang cukup dominan adalah fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg per 100 gram buah sirsak. Kedua mineral tersebut penting untuk pembentukan massa tulang, sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta menghambat osteoporosis.

Lemak
Buah sirsak mengandung sangat sedikit lemak (0,3 g/100 g), sehingga sangat baik untuk kesehatan. Rasa asam pada sirsak berasal dari asam organik non volatil, terutama asam malat, asam sitrat, dan asam isositrat.(snk)

Check Also

Wujudkan Herd Immunity, Kapolres Bersama Forkopimda Nganjuk Tinjau Vaksinasi Di Ponpes

Nganjuk HarianForum.com,– Dalam Rangka Bhakti Bhayangkara Untuk Negeri, Polres Nganjuk menggelar serbuan vaksin merdeka semeru …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *