Powered by free wordpress themes

Friday , September 24 2021
Home / Politik dan Pemerintahan / Tercermin Kekompakan dan Kebersamaan di Pemdes Ngudirejo

Powered by free wordpress themes

Kades Bersama Perangkat Desa Ngudirejo

Tercermin Kekompakan dan Kebersamaan di Pemdes Ngudirejo

Jombang,HarianForum.com – kekompakan dan kebersaman menjadi kunci kinerja Pemerintahan Desa ngudirejo Kec Diwek Kab Jombang dalam melayani masyarakat. Keterbukaan dan open managemen membuat iklin kerja menjadi sejuk.

Seperti yang disampaikan Lantarno kepala Desa Ngudirejo, dalam melaksanakan pemerintahan dirinya didampingi seluruh perangkat Desa dengan tupoksi masing-masing, Kaur, Kepala Urusan membidangi bidangnya masing-masing, satu sama lain saling bersinergi.

Sehingga dalam pelaksanaan pembangunan, semuanya sesuai Musrenbangdes Musyawarah Rencana Pembangunan Desa, yang telah disepakati oleh tokoh masyarakat, seperti halnya pembangunan Dana Desa DD, semuanya sesuai rencana.

Tahun ini DD yang untuk fisik dibangunkan jalan di Dusun Canggon sepanjang sekitar 500m dengan lebar kurang lebih 310cm, pembangunan tersebut diharapkan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat disekitar, dan mempermudah akses pendidikan anak-anak mereka kesekolah.

Bukan itu saja DD tahun ini juga diperuntukan membangun drainase di Dusun Ngudirejo sepanjang 100m lebih, dan melanjutkan pavingisasi jalan di jurusan Dusun Ngemplak-Canggon ang sebelunya sempat tertunda karena memang dianggarkan secara bertahap.

Ngudirejo yang terdiri dari 4 Dusun, yakni Ngudirejo, Canggon, Ngemplak dan Gedangan ini tak mau kalah dengan desa-desa lain di Kabupaten Jombang, karenanya peningkatan SDM warganya digenjot melalui pembinaan Karang taruna dan PKK.

Untuk kegiatan karang taruna lebih ditekankan pada pembentukan karakten pemuda, sedangkan untuk urusan PKK lebih di tekankan pada penumbuhkembangan jiwa wirausaha, sebab itu kegiatannya difokuskan pada pelatihan-pelatihan ketrampilan, seperti halnya pembuatan kue, dan pelatihan pembuatan batik, tak ketinggalan kegiatan senampun juga menjadi kegiatan ibu-ibu PKK, karena pada dasarnya, akal yang sehat terletak pada jiwa yang kuat.

“Di Ngudirejo ini semuanya bisa tercover, kelompok tani pun kita ada pertemuan rutin, triwulan untuk menyingkrunkan masa tanam dan membahas kemungkinan hama penyakit melalui rembuk dan musyawarah Poktan dan Gapoktan.” Kata Lantarno.

Sedangkan dalam ikut mengisi kemerdekaan Pemerintah Desa Ngudirejo mengadakan berbagai kegiatan, diantaranya lomba-lomba yang bersifat hiburan di masing-masing RT, dengan puncak peringatan Jalan Sehat pada 27 agustus nanti dengan Start – Finis Balai Desa Ngudirejo dan akan diberangkatkan oleh Hj. Mundjidah Wahab (Wabup Jombang) (nur)

Check Also

Pemkab Nganjuk Berkomitmen Membela Kelompok Masyarakat Lemah

Nganjuk HarianForum.com – Pergantian pucuk pimpinan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk , nampaknya akan merubah paradigma …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *