Powered by free wordpress themes

Monday , September 20 2021
Home / Peristiwa / Syukuri Panen Raya, Dengan Serunya Tangkap Ikan

Powered by free wordpress themes

Warga Antusias Mengikuti Acara Tangkap Ikan Dinanau Desa Wonosari, Kecamatan Ngoro, kabupaten Mojokerto

Syukuri Panen Raya, Dengan Serunya Tangkap Ikan

Mojokerto, HarianForum.com – Panen Raya di Desa Wonosari, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto dirayakan dengan cara unik. Para warga menangkap ikan di Danau Sumber Waluh yang biasanya dipakai untuk mengairi lahan warga dengan antusias yang luar biasa.

Sejak pukul 07.00 WIB, danau yang terletak di Dusun Sidorejo, Desa Wonosari itu dipadati ribuan warga. “Sumber” begitulah biasa warga menyebut danau ini. Danau ini memang bersumber dari mata air yang ada disekitarnya.

Para pria bersiap ditepian danau dengan menenteng karung plastik sebagai wadah ikan tangkapan. Anak-anak hingga ibu-ibu rumah tangga juga tak mau ketinggalan.

Raut keceriaan nampak jelas diwajah mereka. Begitu doa selesai dilantunkan melalui pengeras suara, serempak warga menceburkan diri ke danau Sumber Wuluh. Mereka sudah tak sabar untuk menangkap ikan didanau seluas tujuh ribu meter persegi tersebut.

“Selama ini Sumber kami gunakanan untuk mengairi lahan pertanian warga. Ini selesai panen raya, kami manfaatkan untuk tangkap ikan massal.” Kata Ketua Panitia Tangkap Ikan Massal Bunowo, Minggu (8/10/2017).

Dalam menangkap ikan massal ini, panitia melarang warga menggunakan peralatan. Warga harus menggunakan tangan kosong dan mengandalkan kepiawaian masing-masing.

Meski dilarang panitia, sejumlah warga nekat menangkap ikan menggunakan jaring. Saking asyiknya memanen ikan, warga yang curang tak mengindahkan teguran panitia. Tak pelak dengan cepat mereka berhasil menangkap ikan di danau.

“Kalau menggunakan alat setrum bisa membahayakan warga yang lain, selain itu kalau pakai jaring nanti hasil tangkapan tak bisa merata.” Tambah Bunowo.

Menggunakan tangan kosong justru membuat tangkap ikan massal ini semakin seru. Dengan telaten warga menggiring ikan yang muncul ke tepian untuk menangkapnya.

Ada yang rela meraba-raba didalam lumpur untuk menemukan ikan. Tak sedikit pula yang harus menelan pil pahit lantaran ikan tangkapan terlepas saking licinnya.

Kendati begitu, hasil tangkapan warga cukup banyak. Tak hanya kaum pria, ibu-ibu dan anak-anak juga berhasil menangkap ikan emas yang ukurannya cukup besar. Danau ini juga banyak dihuni ikan gabus, gurami dan mujair. Panitia memberikan hadiah bagi warga yang berhasil menangkap ikan paling besar.

“Empat bulan yang lalu kami sebarkan 10 ribu benih ikan di Sumber ini. Ternyata sekarang sudah besar-besar ikannya.” Terang Bunowo.

Seperti yang dialami Suhartiningsih. Wanita 33 tahun ini rela berbasah-basahan untuk menangkap ikan. Hasilnya cukup memuasakan, dia berhasil menangkap ikan emas sebesar betis orang dewasa. “Senang sekali, ikannya mau saya masak untuk makan bersama keluarga.” Cetusnya sembari memamerkan ikan hasil tangkapannya.

Warga berharap kegiatan tangkap ikan massal ini bisa digelar oleh Pemerintah Desa Wonosari secara rutin setiap usai panen raya. (Dtk/Frm)

Check Also

Pria Asal Pasuruan Ini Ditemukan Tergeletak Bersimbah Darah, Begini Kronologinya

Nganjuk, HarianForum.com- Warga Desa Gentong Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pasuruan MH (19) ditemukan tergeletak bersimbah darah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *