Powered by free wordpress themes

Monday , September 20 2021
Home / Pariwisata / Surga yang Tersembunyi di Biduk-biduk

Powered by free wordpress themes

Wisata Labuan Cermin di Biduk-biduk Kalimantan Timur

Surga yang Tersembunyi di Biduk-biduk

HarianForum.com – Kalimantan Timur, masih dalam suasana libur lebaran, jika anda berniat mengajak keluarga berlibur atau pikniksejenak, jangan lupakan potensi diwilayah sekitar anda, tidak perlu traveling jauh-jauh.

Pantai Derawan, biasanya menjadi tujuan pertama warga Kalimantan Timur diwaktu libur. Pantai Derawan memang pantai eksotis yang juga menjadi ikon-nya Kalimantan. Namun, masih ada beberapa destinasi seru yang tak kalah indah dengan Pantai Derawan. Salah satunya adalah Danau Labuan Cermin

Lokasinya memang agak jauh dari perkotaan dan Anda membutuhkan sekitar 6-7 jam untuk bisa sampai ke tempat ini. Namun, lelah yang dirasa selama perjalanan akan terbayarkan
dengan indahnya pemandangan alam di Danau Labuan Cermin, seperti yang telah dirangkum dari berbagai sumber, jumat (30/06/17).

Danau Ini Memiliki Dua Lapisan Air yaitu Air Tawar dan Air asin, Danau Labuan Cermin merupakan salah satu obyek wisata mempesona yang terletak di Desa Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Propinsi Kalimantan Timur.

Danau ini berada di bawah naungan Lembaga Masyarakat Labuan Cermin (Lekmalamin). Danau ini terkenal karena kejernihan air nya yang sangat bening. Bahkan ketika terdapat objek diatas danau tersebut nampak seperti diatas kaca, dan ranting ranting yang terdapat di dasar danau dapat terlihat sangat jelas sekali.

Berbatasan langsung dengan Laut Sulawesi, lokasi Labuan Cermin ini dikelilingi oleh hutan bakau dan bukit-bukit tinggi sebagai salah satu sumber air tawar di danau dengan jenis air ini. Air tawar disini, sebelum mengalir ke air laut, terperangkap dahulu di Danau Labuan Cermin.

Danau Labuan cermin adalah sebuah danau yang memiliki air yang sangat jernih kebiruan bagaikan sebuah kaca. Danau ini memiliki dua lapisan air, lapisan paling atas mempunyai rasa tawar, dan yang paling bawah berasa asin. Dan aneh nya lagi kedua air itu tidak bercampur sama sekali. Hal inilah yang melatarbelakangi julukan danau ini sebagai Danau Dua Rasa.

Warna air di danau ini bergradasi dari biru tua, biru muda, putih dan hijau di area luar danau. Dasar danau pun bisa Anda lihat dengan jelas dari atas permukaan air padahal kedalaman danau ini lebih dari 3 m.

Untuk menikmati keindahan bawah air Danau Labuan Cermin disana juga ada penyewaan alat snorkling. Bagi Anda yang belum mahir berenang, tersedia ban/pelampung di perahu yang disewa.

Saat Anda menyelam agak ke dalam, maka batas antara air asin dan air tawarnya akan terlihat jelas. Hal tersebut pula yang menyebabkan biota di dalam danau ini sangat beragam.
Berbagai spesies ikan air tawar dan laut, seperti kakap, ikan warna, ikan tulang, dan ikan putih menambah eksotis Danau Labuan Cermin.

Tempat ini cukup sejuk dan cocok untuk dijadikan tempat bersantai karena dikelilingi rerimbunan pohon hutan lindung. Di sepanjang perjalanan menuju Danau, Anda akan disuguhi dengan pemandangan pohon sawit dan pantai dengan pasir putih nya yang indah.

Sembari melakukan perjalanan menuju lokasi, Anda yang hobi dengan fotografi dapat memanfaatkan panorama tersebut sebagai background yang seolah tak pernah ada habis nya.
Dari Bandara Sepinggan, Balikpapan Anda bisa terbang menuju Bandara Tanjung Redeb, Berau.

Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju ke Desa Biduk-Biduk menggunakan mobil sewaan dengan biaya sewa sekitar Rp. 500.000 yang memakan waktu perjalanan sekitar 6 jam. Sesampainya di Desa Biduk-Biduk perjalanan dilanjutkan menyusuri jalur trekking ke dalam hutan yang menyajikan bermacam pepohonan dan binatang di dalamnya.

Jalur trekking tersebut dapat kita tempuh sekitar 30-45 menit, barulah kita bisa sampai di tepian danau. Akan ada perahu yang siap mengantar kita untuk menyusuri keindahan danau. Jika Anda berencana untuk berlibur cukup lama di Labuan Cermin, Anda bisa menginap di beberapa penginapan yang ada tak jauh dari lokasi danau ini, atau di Desa Labuan Kelambu.

Di sini Anda nanti bisa tinggal di rumah atau penginapan penduduk lokal. Tarif menginap permalam di dekat (lp/snk)

Check Also

WISATA KULINER MBADUG NGANJUK

Nganjuk, HarianForum.com- Kutha cilik sakngisore gunung Wilis, iku pantes dadi pacangkramaning pra turis.,yo kanca neng Sedhudha …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *