Rabu , Desember 6 2023
284 views
Sujiono, S.Pd. M.Pd kepala sekolah SMAN Ngoro Jombang.

Sujiono, Koperasi Siswa Sebagai Pelatihan di Bidang Ekonomi

Jombang, HarianForum.com- Pro dan kontra penyediaan seragam oleh koperasi siswa sekolah, kembali menjadi perbincangan menjelang Tahun Ajaran Baru. Bahkan, ada pihak yang mengancam sekolah akan dilaporkan ke Polisi jika ada penjualan seragam yang dikoordinir koperasi sekolah. Tapi ancaman melalui surat itu tanpa alasan yang jelas.

Beberapa sekolah dan pengelola koperasi sekolah, semuanya menyatakan koperasi siswa sekolah diperbolehkan menyediakan seragam sekolah yang sifatnya sukarela, alias tidak wajib. Bahkan Kementerian Koperasi dan lembaga pendidikan mendukung hal tersebut.

“Koperasi siswa menyediakan kain seragam sekolah dan peralatan sekolah yang pembeliannya tidak wajib bisa membeli di toko lain atau tidak ada unsur paksaan, Koperasi siswa ini untuk pembelajaran berkoperasi kepada siswa, sehingga siswa mengetahui tugas dan fungsi pokok berkoperasi,” ujar Sujiono, S.Pd. M.Pd Kepala Sekolah SMKN Ngoro.

Koperasi siswa sekolah menyediakan seragam sekolah bukan hal baru. Hampir terjadi setiap menjelang Tahun Ajaran Baru. Hal ini akan memudahkan anak didik dan orangtuanya yang sibuk bekerja.

Koperasi merupakan bagian dari Tata Susunan Ekonomi, hal ini berarti bahwa dalam kegiatannya Koperasi turut mengambil bagian bagi tercapainya kehidupan ekonomi yang sejahtera seluruh Anggotanya.

Di Kabupaten Jombang terdapat 12 Lembaga Sekolah SMA Negeri, sehingga terdapat juga 12 Koperasi Siswa, Koperasi Siswa adalah Koperasi yang didirikan di Lingkungan Sekolah yang Anggota-anggotanya terdiri atas Siswa Sekolah. Koperasi Siswa dapat didirikan berbagai tingkatan sesuai Jenjang Pendidikan, misalnya Koperasi Siswa Dasar, Koperasi Siswa Menengah Pertama, dan seterusnya.

Koperasi ini, Badan Usaha yang tidak berbadan Hukum yang beranggotanya Siswa-siswa Sekolah, sehingga keanggotannya selama  masih menjadi Siswa.

Selain itu, Koperasi Siswa dibuka pada waktu istirahat dan dikelola oleh siswa, hal itu sebagai latihan dan praktek berkoperasi, Melatih disiplin dan kerja, Menyediakan perlengkapan Pelajar, Mendidik Siswa hemat menabung.(ko)

Check Also

Pemkab Nganjuk Dukung Dinas PPKB Gelar Sosialisai Program Pembentukan Kampung KB di Kabupaten Nganjuk

Nganjuk, HarianForum.Com – Bertempat di Pendopo KRT Sosro Koesoemo Kabupaten Nganjuk Dinas Pengendalian Penduduk dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *