Powered by free wordpress themes

Saturday , October 23 2021
Home / Politik dan Pemerintahan / Sosialisasi dan Pembentukan Panitia Pilkades Karangasem

Powered by free wordpress themes

Bapak Ketua BPD di dampingi Sekcam dan Sekdes Karangasem memimpin jalannya rapat.

Sosialisasi dan Pembentukan Panitia Pilkades Karangasem

Tuban, HarianForum.com- Pesta demokrasi di tingkat Desa (Pilkades serentak) akan segera dilaksanakan, salah satu piranti pokok paling penting untuk melaksanakan Pilkades Karangasem adalah pembentukan kepanitiaan.

Mulai di Kabupaten Tuban, atmosfernya pun terasa hingga di Desa Karangasem, desa paling ujung dari Kecamatan Jenu ini beberapa bulan kedepan akan segera menghelat pesta demokrasi 6 tahunan, maka segala piranti yang berhubungan dengan perpindahan tampuk kekuasaan diatur sepenuhnya oleh Perda maupun Perbup.

Kesebelas orang yang terpilih di sumpah oleh ketua BPD Karangasem.

Di Desa Karangasem, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban yang pada hari ini, Selasa (19/02/2019) menyelenggarakan acara “Sosialisasi dan pembentukan panitia Pilkades Karangasem” undangan dihadiri oleh para pimpinan RT dan RW, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda (Karang Taruna), tokoh lembaga pendidikan, Babinsa dan Babinkamtibmas.

Acara yang dimulai pada pukul 09.30 ini dihadiri oleh Bapak sekretaris Kecamatan (Sekcam) Jenu, Heri Subagyo yang mewakili atas nama Camat Jenu ,karena beliau ada urusan yang di desa Rawasan, kebetulan disana juga menyelenggarakan acara pembentukan panitia Pilkades.

Berdasarkan DPT (Daftar Pemilih Tetap) Pilgub tahun 2018 jumlah penduduk Desa Karangasem adalah sebesar 2.200 jiwa ,maka sesuai dengan ketentuan Perda dan Perbup, pemilih di bawah 4.000 membutuhkan 11 orang Panitia Pemilihan yang terdiri dari unsur Perangkat desa, kelembagaan desa dan Tokoh Masyarakat. Dan melalui kesepakatan rapat di peroleh kuota sebagai berikut, 2 orang (Perangkat desa), 1 orang (LKMD), 1 orang (RT), 1 orang (RW), 2 orang (Tokoh Agama), 2 orang (tokoh pemuda), 1 orang (tokoh lembaga pendidikan) dan 1 orang (tokoh masyarakat RT).

Para peserta sosialisasi yang meliputi beberapa unsur kelembagaan di desa dan Tokoh masyarakat.

Setelah melalui proses panjang Penjaringan bakal calon maka diperoleh lah 11 (sebelas) nama yang selanjutnya akan dipilih secara musyawarah mufakat di internal untuk menentukan struktur kepanitiaaan, adapun kesebelas nama tersebut adalah “Nur Dawam solihan dan Suharno ( dari unsur pemerintahan desa ), Darsono (dari unsur LPMD), Jasmin (dari unsur ketua RT ), Abdul Ghofur ( dari unsur ketua RW), Ustad Zakk Abdillah dan H. Ahmad Tamim (dari unsur tokoh agama), Qosiatun nikmah (dari unsur lembaga pendidikan), Witono dan Purnomo Irawan (dari unsur tokoh pemuda) dan yang terakhir Ma’ruf (dari unsur tokoh masyarakat), dan selanjutnya di gelar musyawarah mufakat internal diantara kesebelas orang tersebut yang akhirnya menjadikan Ust. Zakky abdillah (Gus didik) Sebagai Ketuanya.

Sebelumnya acara pemilihan berlangsung sangat seru mengingat antusiasme dari peserta rapat yang menginginkan panitia yang netral dan berintegritas, peserta rapat yang kebetulan mencalonkan menjadi anggota BPD pun tidak di perkenankan untuk di pilih, deadlock sempat terjadi ketika jumlah perolehan suara ada yang sama dari unsur RT, maka di lakukanlah voting (pemungutan suara ulanh dengan jumlah terbanyak).

Sementara itu setelah selesai ketua Rapat Sosialisasi dan pembentulan Panitia, Abdul Rohim, STh I menyatakan, “Kami berharap proses pemilihan pilkades ini bisa berjalan dengan lancar dan selanjutnya panitia Pilkades ini akan bertanggung jawab langsung kepada BPD,” ujar ketua rapat.

Sementara itu ketika di konfirmasi oleh tim HarianForum.com Sekcam Jenu, Heri Subagyo menyatakan, ” Kami berharap panitia terpilih ini bisa menjaga amanah, jujur dan adil serta netral, berpedoman pada Perda dan Perbup tentang apa yang menjadi tugas pokok dan fungsi serta larangannya, Semoga pelaksanaan Pilkades di desa Karangasem ini berjalan lancar, aman dan damai serta sejuk, dan yang terpenting dapat menghasilkan pemimpin desa yang amanah dan bisa membawa masyarakat ke arah yang lebih maju dan sejahtera,” papar beliau.(Kholil)

Check Also

HMI : Persoalan TWK 56 Pegawai KPK, Langkah Presiden dan Kapolri Perlu Disambut Positif

HarianForum.com – Polemik 56 pegawai KPK yang tidak lolos Test Wawasan Kebangsaan (TWK) mendapat perhatian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *