Powered by free wordpress themes

Tuesday , October 19 2021
Home / Politik dan Pemerintahan / Sosialisasi dan Pembentukan Panitia pemilihan BPD Oleh Pemdes Socorejo

Powered by free wordpress themes

Ketua BPD, bagiyo sedang memberikan sambutan.

Sosialisasi dan Pembentukan Panitia pemilihan BPD Oleh Pemdes Socorejo

Tuban, HarianForum.com- BPD (Badan Perwakilan Desa) merupakan lembaga legislatif yang ada di tingkat desa dimana setiap 6 tahun sekali diadakan pemilihan untuk merefresh keanggotaannya dengan sistem Musyawarah mufakat.

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam sistem pemerintahan desa sekarang ini menempati posisi yang sangat penting. Tapi sebenarnya, apa saja tugas para anggota BPD yang terhormat itu sehingga menjadi begitu penting bagi warga desa? Inilah penjabaran dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No 110 Tahun 2016 tetang Badan Permusyawaratan Desa.

Para undangan yang meliputi tokoh masyarakat, para ketua RT dan karang taruna.

Fungsi BPD adalah membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa dan melakukan pengawasan kinerja kepala desa. Dari tiga tugas ini sudah jelas BPD adalah lembaga yang memiliki kekuatan dalam dalam menyepakati peraturan desa yang bakal menjadi pedoman pelaksanaan pembangunan desa.

Desa Socorejo, Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban yang pada hari ini, Senin (21/01/2019) telah menyelenggarakan acara “Sosialisasi dan Pembentukan Panitia pemilihan Anggota BPD,” yang dihadiri oleh para ketua RT, tokoh masyarakat, karang taruna dan bhabinkamtibmas desa.

Sebagaimana surat edaran dari Pemkab Tuban bahwa waktu sosialisasi dan pembentukan panitia pemilihan BPD adalah dari tanggal 17 sampai 21 Januari 2019, selanjutnya panitia akan melakukan koordinasi terkait Kapan waktu pelaksanaannya.

Dihubungi oleh media harianforum.com Kades Socorejo, Zubas Arif Rahman, SH menyatakan, “Saya berharap terbentuk anggota BPD yang bisa bersinergi dengan Pemdes dalam rangka mewujudkan socorejo yang maju dan sejahtera,” ungkap beliau.(Kholil)

Check Also

HMI : Persoalan TWK 56 Pegawai KPK, Langkah Presiden dan Kapolri Perlu Disambut Positif

HarianForum.com – Polemik 56 pegawai KPK yang tidak lolos Test Wawasan Kebangsaan (TWK) mendapat perhatian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *