Powered by free wordpress themes

Sunday , March 7 2021
Home / Serba-serbi / SIG Pabrik Tuban Konsisten Bantu Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui CSR

Powered by free wordpress themes

Salah satu RTLH yang diperbaiki dr dana CSR SIG.

SIG Pabrik Tuban Konsisten Bantu Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui CSR

Tuban, HarianForum.com- PT SIG pabrik Tuban melalui program CSR nya selama ini terus konsisten dan berperan aktif dalam pengembangan perekonomian masyarakat disekitar usahanya. Tuwiri kulon, salah satu dari 26 desa dan 3 kecamatan yang mendapatkan kucuran dana tersebut .

Melalui FMK JAYA SANTOSA, setidaknya mencakup 10 OMS (Organisasi masyarakat setempat) yang menerima manfaat dari program reguler tersebut.

Dalam kesempatan tersebut di hadiri oleh pihak Pemerintahan desa, FMK, tim dari SIG dan perwakilan dari OMS penerima manfaat progam.

Setidaknya ada 3 progam pemberdayaan yang di survey oleh tim SIG yaitu RTLH (Rumah Tinggal Layak huni), peternakan kambing, dan pemasangan Jaringan listrik.

“Renovasi rumah RTLH ini sangat bermanfaat bagi penerima pak, alhamdulillah kami bisa merenovasi rumah, membuatkan 2 kamar timur dan 1 kamar mandi di depan yang menambah rumah ini lebih layak fungsi,” Ujar Suripno ,Ketua OMS RTLH yang menemani tim ketika survey di lapangan ,adapun dana yang di kucurkan untuk progam ini senilai 20 juta.

Selain itu ada progam peternakan kambing yang di suntik dana 27 juta yang di peruntukkan untuk pembuatan kandang dan 15 ekor kambing, OMS penerima manfaat progam ini terdiri dari 9 orang yang di ketuai oleh Darmaji

Selain itu juga ada pemasangan Jaringan listrik untuk OMS kelompok tani yang di peruntukkan untuk irigasi pertanian, jaringan ini kemudian di salurkan ke anggota kelompok tani yang manfaatnya bisa langsung di rasakan oleh para petani yang dulunya memakai bahan bakar solar. untuk progam ini mendapatkan dana 30 juta. di harapkan oleh ketua OMS nya, Rahmat bahwa progam ini akan terus berkembang dan menjadi awal titik perubahan untuk meningkatkan hasil panen.

“Terimakasih kepada PT.Semen Indonesia Group ,dan kami berharap semoga Tahun depan progam yang baik ini pun terus di lanjutkan,” ujar Santoso Ketua FMK jaya sentosa Desa Twiri kulon.

Sementara itu kepada HarianForum.com, Siswanto, Community Development officer menyatakan “Agenda serah terima program CSR PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Pabrik Tuban ini merupakan momentum yang baik untuk bersama sama memulihkan perekonomian masyarakat di masa pandemi. Program CSR 2020 yang diserahterimakan pada masyarakat 26 desa dan 3 kecamatan senilai 7,1 M. Proporsi program tersebut terdiri dari program bertema pemberdayaan masyarakat sebesar 80%, tema peningkatan infrastruktur pendidikan dan RTLH sebesar 11%, berikutnya pada tema peningkatan kapasitas sebesar 6% dan 4% di tema karitatif. Program ini dikelola secara akuntabel dan partisipatif bersama kelompok penerima manfaat, tujuannya agar meningkatkan perekonomian dan pendapatan masyarakat sekitar perusahaan secara merata dan tepat sasaran. Kegiatan ini ialah wujud komitmen perusahaan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk Pabrik Tuban dalam menjalankan tanggung jawab sosial lingkungan terhadap masyarakat sekitar, serta upaya serius untuk menjalin hubungan yang semakin baik dan berkelanjutan antara perusahaan dan masyarakat sekitar,” pungkasnya .(tbn01)

Check Also

Praktik Dukun Tidak Sama, Jangan Digebyah Uyah

Blitar, HarianForum.com- Kabar dideklarasikan Persatuan Dukun Nusantara di kabupaten Banyuwangi, saat ini menjadi salah satu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *