Sabtu , Januari 28 2023
90 views

Semantok jadi Bendungan ke 30 yang Diresmikan Jokowi

Nganjuk, HarianForum.com- Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmikan Bendungan Semantok yang berada di Dusun Kedungpingit, Desa Sambikerep, Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk pada Selasa (20/12/2022) siang. Sebelum menuju ke lokasi Bendungan, Presiden Jokow menyempatkan mampir dan kunjungi Pasar Rejoso untuk meninjau dan berdialog dengan pedagang pasar.

Kedatangan Jokowi disambut meriah oleh masyarakat Rejoso khususnya dan masyarakat Nganjuk pada umumnya. Terlihat di sepanjang jalan menuju Rejoso maupun ke arah Bendungan Semantok masyarakat antusias menunggu kedatangan RI 1 ini dengan berjajar bahkan berdiri hingga Jokowi lewat. Mereka senang karena karena baru pertama kali Presiden Jokowi datang ke Kabupaten Nganjuk.

Pada saat Presiden Jokowi di pasar Rejoso menyempatkan membagikan bantuan pada masyarakat Rejoso berupa kaos, sembako dan juga BLT (Bantuan Langsung Tunai).

Usai membagikan bantuan kepada masyarakat, Presiden Joko Widodo langsung menuju ke Bendungan Semantok untuk meresmikan Bendungan, kegiatan yang dilakukan diantaranya penanaman pohon, goes bareng beserta dialog bersama petani.

Hadir dalam peresmian ini diantaranya Presiden RI Ir. H. Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno,  Gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, S.Sos., Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Toni Harmanto, Pangdam (Panglima Kodam) V Brawijaya mayjen TNI Nurchahyanto, M.Sc., Anggota Komisi V DPR RI Hj. Sadarestuwati, Forpimda Nganjuk termasuk Plt. Bupati Nganjuk Dr. Drs. H. Marhaen Djumadi.

Dalam sambutanya Presiden Joko Widodo menyampaikan “Sejak 2015 kita memulai pembangunan bendunganatau embung, untuk bendungan Semantok ini sudah ke 30 kalinya yang kita resmikan dari target 40-60 akhir tahun 2024.” Ucapnya.

“Bendungan Semantok ini sudah menghabiskan anggaran 2,5 trilyun dengan daya tampung air 302,6 juta m3, dan mampu mengairi sawah seluas 1.900 Ha” jelas Jokowi.

“Air adalah kunci kehidupan sehingga dengan bendungan Semantok ini kami berharap bisa bermanfaat bagi kita semua, dari sawah yang biasanya panen satu kali bisa panen dua kali, dari yang biasanya panen dua kali bisa panen tiga kali, itulah harapan kami” tutur Presiden Jokowi di akhir sambutan.

Usai resmikan Bendungan Semantok dilanjut dengan penandatangan prasasti dan membuka kunci bendungan Semantok.

 

(Red)

Check Also

Kapolres Tanjungperak Silaturahmi ke Para Tokoh Agama dan Ulama

Surabaya, HarianForum.com – Menjalin silaturahmi dan koordinasi keamanan dan kenyamanan di wilayah hukum Polres Pelabuhan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *