Minggu , April 14 2024
64 views
Sumber Gambar: AntaraNews

Sekitar 18 Juta Pemudik Lebaran 2024 Diperkirakan Masuk dan Melintas di Jawa Tengah

JAWA TENGAH – HarianForum.com – Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, memprediksi sekitar kurang lebih 18 juta pemudik diperkirakan akan memasuki dan melintasi wilayah Provinsi Jawa Tengah selama arus mudik dan arus balik Lebaran tahun 2024 ini, berdasarkan data untuk tahun 1445 Hijriah.

Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, mengatakan “Jawa Tengah menyiapkan posko terpadu angkutan Lebaran dan juga pelayanan Lebaran tahun 2024,” Ungkapnya, saat Rapat Koordinasi Forkompinda dalam Menyambut Idul Fitri 1445 Hijriah di Semarang, Senin (1/4/2024).

Berbagai persiapan menghadapi arus mudik 2024 akan melibatkan berbagai pihak, termasuk Dinas Perhubungan (Dishub), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan (Dinkes), serta instansi terkait lainnya.

Selain itu, Polda dan Dishub juga akan menerapkan sistem satu arah mulai bulan April mendatang. Hal ini dilakukan karena volume kendaraan diperkirakan akan tinggi, sehingga sistem satu arah akan diberlakukan di jalan-jalan protokol untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas di dalam kota.

Untuk meminimalisir dampak buruk akibat cuaca ekstrem selama masa mudik, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Selanjutnya perlu diwaspadai juga untuk tempat-tempat wisata, karena libur Lebaran yang panjang akan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berwisata. Oleh karena itu, perlu dilakukan antisipasi terhadap titik-titik wisata yang ada di Jawa Tengah.

Sumber: Dari Berbagai Sumber.

Check Also

Polres Nganjuk Terjunkan Patroli Preventif Perintis Presisi pada Operasi Ketupat Semeru 2024

NGANJUK, HarianForum.com – Kapolres Nganjuk AKBP Muhammad, menerjunkan tim Preventif Perintis Presisi yang diawaki Satuan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *