Jumat , Januari 27 2023
183 views

Sebagai Upaya Antisipasi Resiko Bencana, Ini Yang Dilakukan Bupati Jombang

Jombang, HarianForum.com- ‘Strategi Penanganan Bencana Melalui Mitigasi Risiko Di Kabupaten Jombang’ menjadi tema dialog interaktif di program Warung Pojok Kebon Rojo yang digelar oleh Dinas Kominfo Kabupaten Jombang pada acara Bulaga sebagai Rangkaian Hari Jadi 112 Pemerintah Kabupaten Jombang, di lapangan Kecamatan Sumobito, Senin (24/10/2022).

Dalam dialog tersebut hadir sebagai narasumber diantaranya Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab, Wakil Bupati Jombang Sumrambah, Kepala BPBD Jombang Bambang Dwijo Pranowo, Kepala Dinas PUPR Bayu Pancoroadi, dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jombang Hari Purnomo.

Menurut Bupati Jombang, Pemerintah Kabupaten Jombang termasuk daerah rawan bencana, mulai dari banjir, angin puting beliung, longsor dan bencana yang lainnya. Untuk menghadapi hal tersebut Pemerintah Kabupaten secara sinergi telah melakukan Apel Kesiapsiagaan Tanggap Bencana di Wana Wisata dan Bumi Perkemahan Sumberboto, Kecamatan Mojowarno.

“Pada Apel Kesiapsiagaan Tanggap Bencana, saya bersama Forkopimda memastikan upaya mitigasi maksimal. Kami cek kesiapan personel, peralatan, termasuk komunikasi, koordinasi semua pihak harus berjalan,” ujar Bupati Mundjidah Wahab.

Selain itu, Bupati Mundjidah Wahab juga sudah memerintahkan BPBD untuk melakukan pemetaan, pemantauan, penyebaran informasi, sosialisasi, dan peringatan dini tentang bencana alam. Hal itu dilakukan sebagai upaya antisipasi resiko bencana di Jombang.

Sementara, Kepala BPBD Jombang Bambang Dwijo Pranowo juga mengatakan bahwa SDM dan peralatan selalu siap. Setiap masyarakat telepon ada kejadian bencana tim langsung berangkat. “Silahkan hubungi Call Center 112, kami siapjo. Seperti saat ada bencana Puting Beliung di Selore, kami langsung meluncur. Alhamdulillah sampai magrib sudah tertangani semua berkat kerja bersama,” kata Bambang Dwi Pranowo.

Pada kesempatan yang sama, Dinas Sosial Kabupaten Jombang, Hari Purnomo juga meminta untuk memaksimalkan program Bupati itu, mulai dari pencegahan, penanganan, hingga rehabilitasi pasca bencana. Cek kesiapan SDM mulai taruna siaga bencana (Tagana), PKH, tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK), Kampung Siaga Bencana (KSB) kesiapan dapur umum, termasuk rehabilitasi saat pendirian tenda pengungsian, juga armada dan sarpras penanganan bencana juga sudah dilakukan.

“Terkait dengan kesiapsiagaan bencana secara umum, Dinsos siap support terhadap BPBD. Ruang lingkup kerja kita pra bencana darurat bencana dan pasca bencana,” tutur Hari Purnomo.

Upaya mitigasi lainnya, Kepala Dinas PUPR, telah melakukan normalisasi saluran dan sungai yang rawan banjir lebih dari 40 titik. Persiapan bahan banjiran, seperti sandbag, bronjong dan lain-lain, kesiapan alat berat, personel, komunikasi dan koordinasi dengan pihak terkait lebih ditingkatkan, mengingat curah hujan yang tinggi.(lil)

Check Also

PPS Dilantik, ini Penjelasan Pujiono Ketua KPU Nganjuk

Nganjuk, HarianForum.com- Setelah melalui tahapan pembentukan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024, sebanyak 852 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *