Powered by free wordpress themes

Saturday , October 23 2021
Home / Kesehatan / Sakit Gigi, Atasi Dengan Cara Ampuh Ini

Powered by free wordpress themes

Ilustrasi

Sakit Gigi, Atasi Dengan Cara Ampuh Ini

Jombang, HarianForum.com – Bila anda sering mengalami sakit gigi, inilah tips mengatasi sakit gigi dari Harian Forum. Anda bisa mencoba dan melakukannya.

Sakit gigi bisa menimpa berbagai usia, dari mulai anak-anak, dewasa hingga lanjut usia. Masalah sakit gigi yang menimpa seseorang biasanya dikarenakan gigi berlubang.

Meskipun demikian, kerusakan gigi tentu saja bisa dicegah dengan melakukan kebiasaan sehat untuk merawat gigi, yaitu menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur. Simak cara mengobati sakit gigi dengan menggunakan bahan-bahan alami.

1.Bawang Putih
Bawang putih merupakan salah satu bahan alami yang mudah didapatkan dan salah satu khasiatnya yaitu dapat menyembuhkan sakit gigi berlubang.

Jika digunakan untuk mengobati sakit gigi, caranya sangat mudah, yakni dengan menghaluskan satu siung bawang putih kemudian campurkan sedikit garam pada bawang putih yang telah dihaluskan tersebut.

Lalu campuran bawang putih dan garam ini dikunyah tepat pada bagian gigi berlubang hingga sakit gigi menghilang.Setelah melakukan cara ini, Anda bisa menggunakan campuran air hangat dan garam untuk berkumur.

Penggunaan bawang putih sebagai obat ini karena bawang putih memiliki sifat anti-bakteri dan dapat membunuh kuman yang ada pada gigi, selain itu bawang putih sangat mudah didapatkan.

2. Jeruk Nipis
Air perasan jeruk nipis menjadi bahan alami lainnya yang dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi. Selain kandungan vitamin C yang ada didalam jeruk nipis, bahan alami ini juga dapat meredakan rasa nyeri pada sakit gigi.

Cara penggunaannya pun sangatlah mudah yakni dengan menggunakan air perasan jeruk nipis, kemudian air perasan digunakan secukupnya. Lalu air perasan tersebut dilumurkan pada gigi yang berlubang secukupnya setiap 10-15 menit sekali. Anda bisa melakukan cara ini hingga rasa nyeri yang disebabkan sakit gigi menghilang.

3. Daun Jambu
Daun jambu merah bisa meringankan rasa ngilu di gigi karena sifat anti-radang, analgesik, dan antimikrobial yang terkandung di dalamnya.

Kunyah satu-dua lembar daun jambu sampai ekstraknya keluar, dengan lidah Anda raih gigi yang sakit dan oleskan ekstrak daun jambu tersebut.

Alternatifnya, Anda bisa merebus empat sampai lima lembar daun jambu. Diamkan larutan tersebut selama beberapa saat hingga dingin dan tambahkan sejumput garam. Gunakan larutan daun jambu tersebut sebagai obat kumur. (Frm)

Check Also

Jaga Imunitas, Kapolres dan Dandim Nganjuk Gowes Bareng

Nganjuk, HarianForum.com – Kapolres Nganjuk AKBP. Jimmy Tana, S.I.K., dan Dandim 0810 Nganjuk Letkol Inf. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *