Powered by free wordpress themes

Thursday , September 23 2021
Home / Ekonomi / Pusat Ekonomi Digital Asia Tenggara Tahun 2020 Adalah Indonesia

Powered by free wordpress themes

Sumber Foto : Berita Jatim

Pusat Ekonomi Digital Asia Tenggara Tahun 2020 Adalah Indonesia

HarianForum.com – Seminar Nasional Manajemen kedua dan Call for Papers yang bertema “Kreatif, Inovatif, Transparan, dan Akuntabel (KITA) Kukuhkan Kewirausahaan Inovatif Berkelanjutan dalam Persaingan Bisnis Era Digital” digelar oleh Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya (UNESA).

Direktur Pemberdayaan Industri Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Septriana Tangkary, S.E., M.M mentargetkan bahwa Indonesia harus bisa menjadi pusat ekonomi digital di Asia Tenggara ditahun 2020. Pasalnya transaksi e-commerce di Indonesia tahun 2016 telah mencapai US$ 20 miliar atau setara dengan 261 triliun.

“Dengan jumlah penduduk melebihi 40 persen dari total penduduk ASEAN, Indonesia memiliki banyak SDM yang berpotensi tumbuh menjadi technopreneur dan menghasilkan karya atau produk digital yang dapat dipasarkan untuk 60 persen populasi ASEAN lainnya. Jadi, jika dapat memanfaatkan itu ditahun-tahun mendatang, maka potensinya meningkat menjadi US$ 130 miliar atau setara dengan 1.700 triliun,” Ungkap Septriana Tangkary, S.E., M.M .

Untuk itu, ekonomi digital Indonesia perlu diperkuat sehingga tidak menjadi pasar konsumtif dari karya atau produk digital negara ASEAN lainnya, paparnya.

“Penguatan ekonomi digital ini memerlukan partisipasi dari berbagai pihak, salah satunya dengan berlangsungnya Seminar Nasional Manajemen hari ini.” Tambahnya.

Hal senada dikatakan Ketua Jurusan Manajemen FE UNESA, Dr. Ulil Hartono, S.E., M.Si. menuturkan bahwa Jurusan Manajemen FE UNESA untuk terus berkarya bagi Indonesia melalui komitmen Jurusan Manajemen.

“Untuk mengapai targer tersebut kita terus berkarya untuk Indonesia melalui komitmen Jurusan Manajemen yakni dapat bekerja secara kreatif, inovatif, transparan, dan akuntabel.” imbuhnya.

Diketahui, Seminar Nasional Manajemen yang sekaligus untuk memperingati Lustrum 1 Jurusan Manajemen FE UNESA ini dihadiri juga oleh pembicara-pembicara nasional lainnya, yaitu Pengamat Marketing dan Direktur Marketing Group PJ. Rahmat Susanta, M.M., CEO Elcorps (Pendiri Brand Elzatta Hijab dan Sauky Fashion) Elidawati Alioemar, dan Senior Business Development Tokopedia Deo Nathaniel. (Brt-Jt/Frm)

Check Also

Terdata 20.428 Ribu Lebih Pelaku UMKM Di Kabupaten Blitar

Blitar, HarianForum.com- Siti Umi Sofiah, sebelum adanya pasar dalem UMKM dalam kesehariannya berdagang capar punten …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *