Uncategorized

Prosesi Wisuda Sapa Mama Digelar di Pendopo KRT Sosrokoesoemo

×

Prosesi Wisuda Sapa Mama Digelar di Pendopo KRT Sosrokoesoemo

Sebarkan artikel ini

HarianForum.com-,Sapa Mama merupakan Sekolah Perempuan, Anak dan Masyarakat Marjinal. Sekolah ini adalah sekolah kehidupan dimana para siswa langsung terjun ke masyarakat sehingga tahu betul permasalahan yang ada di masyarakat khususnya permasalahan tentang perempuan dan anak.

Program Sapa Mama ini merupakan program unggulan Kabupaten Nganjuk. Lamanya pendidikan lebih kurang 1 tahun 8 bulan. Wisuda Sapa Mama Angkatan I diselenggarakan di Pendopo K.R.T Sosrokoesoemo, Marhaen Djumadi Selaku Bupati Nganjuk berkesempatan mewisuda 94 wisudawan-wisudawati pada Kamis (21/9/2023).

Acara tersebut dihadiri oleh Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Kesetaraan Gender, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3AK)
Provinsi Jawa Timur, Sekda Nganjuk, Staf ahli Bupati, Asisten Pemkab Nganjuk, Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten Nganjuk, Ketua Darma Wanita Kabupaten Nganjuk, Ketua DPRD, Kepala Dinas Sosial PPPA Nganjuk, Camat, Kades, kader dan para wisudawan-wisudawati.

Marhaen sangat bangga, atas selesainya atau tamatnya proses belajar di Sapa Mama sampai terlaksanakan wisudawan dan wisudawati pada angkatan 1
“Nganjuk pertama kali meluluskan atau mewisuda wisudawan-wisudawati sapa mama dan pelaksanaan wisuda hari ini sangat luar bisa penuh semangat untuk meningkatkan sumberdaya manusia (SDM) yang lebih unggul.

Selanjutnya menurut Marhaen bahwa Sekolah Perempuan Anak dan Masyarakat Marjinal ini sangat banyak sekali manfaatnya mulai dari sisi menggerakkan ekonomi di desanya dan sisi baik di bidang lainnya.

Pada kesempatan lain, One Widyawati selaku Kabid Perempuan dan Kesetaraan Gender mewakili Kepala DP3AK Provinsi Jawa Timur sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dan menurutnya hal ini sangat luar bisa dalam mendorong kesetaraan gender dengan memperjuangkan hak perempuan maupun anak di wilayah Nganjuk.

” Dengan adanya Sapa Mama ini peserta akan tahu permasalahan yang ada di desa terkait permasalahan perempuan dan anak, sehingga terwujud desa yang ramah perempuan.” Pungkasnya.

Perlu diketahui peserta wisudawan wisudawati Sapa Mama adalah sebagai berikut:
– Desa Candirejo Kec. Loceret jumlah 28 orang
– Desa Margopatut Kec. Sawahan jumlah 24 orang
– Desa Bareng Kec. Sawahan jumlah 15 orang
– Desa Rejoso Kec. Rejoso jumlah 15 orang
– Desa Klagen Kec. Rejoso jumlah 12 orang.

(Yohan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *