Powered by free wordpress themes

Monday , September 20 2021
Home / Pariwisata / Pesona Pulau Merah Di Banyuwangi

Powered by free wordpress themes

Pulau Merah Yang Elok

Pesona Pulau Merah Di Banyuwangi

Banyuwangi, HarianForum.com – Tempat wisata Pulau Merah ini terdapat di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, JawaTimur, Indonesia. Sebuah pantai yang rekomended buat para wisatawan baik lokal maupun mancanegara

Pulau Merah atau Pulo Merah dikenal karena sebuah bukit hijau kecil bertanah merah yang terletak di dekat bibir pantai. Bukit ini dapat dikunjungi dengan berjalan kaki saat air laut surut. Di sana juga terdapat Pura dimana warga yang beragama Hindu disana melaksanakan upacara Mekiyis. Kawasan wisata ini dikelola oleh Perum Perhutani Unit II Jawa Timur, KPH Banyuwangi Selatan.

Nama Pulau Merah sebelumnya adalah Pantai Ringin Pitu. Pergantian namanya menjadi Pulau Merah didasari dua versi. Ada yang mengatakan karena warna tanah dan pasirnya yang kemerahan dari pulau setinggi 200 meter itu. Sebagian lagi menyebutkan, konon dari Pulau Merah yang ada di hadapan pantainya (sekitar 100 meter) itu duluya pernah terpancar cahaya merah sehingga warga sekitar menamainya Pulau Merah.

Pulau Merah juga mempunyai pasir yang berwarna kemerah-merahan dan salah satu kelebihan dari Pantai Pulau Merah adalah terdapatnya gugusan pulau-pulau, sehingga sejauh mata kita memandang tidak langsung disuguhi lautan lepas.

Di saaat musim kemarau tiba, pulau-pulau tersebut tampak memantulkan cahaya kemerahan ketika terkena sinar matahari, terutama akan terlihat pada sore menjelang matahari terbenam.

Yang lebih istimewa lagi dari pulau merah ini adalah ombaknya yang tinggi pada bulan April hingga bulan September dan tidak memiliki banyak batu karang seperti di Plengkung sehingga Pantai Pulau Merah lebih aman bagi peselancar termasuk pemula.

Ombak di Pantai Pulau Merah lebih bergulung (hingga setinggi dua meter dan panjang 300 meter) di mana itu memungkinkan peselancar melakukan manuver dengan teknik tubes. Ombak di Pantai Pulau merah dipastikan bisa menjadi tujuan peselancar pemula, amatir maupun profesional karena memiliki ketingian rata-rata dua meter.

Buat yang tidak punya papan selancar, dapat menyewa papan selancar bila sudah meneguhkan diri untuk surfing dan ingin mencoba atraksi menunggang ombak. Akan tetapi bila belum cukup berani anda dapat menikmati senja yang menawan dengan langit merah turun melalui sederetan bukit di sebelah barat pantai.

Bagi yang suka fotografi, sunset pulau merah adalah salah satu spot sunset paling bagus di Banyuwangi. Tidak banyak pedagang asongan yang ditemui disini sehingga pantai ini tampak bersih dan asri.

Menurut para wisatawan, karakter pantainya sangat berbeda,dengan bukit munjulang ditengah nya sebagai tanda. Sangat memungkinkan dikembangkan sebagai destinasi wisata untuk mancanegara, dan merupakan salah satu destinasi pantai baru di Banyuwangi, pantainya cantik, bersih, nyaman, pasirnya putih, dan tentunya pemandangannya indah.

Akses menuju kesana pun relatif bagus, kita akan disuguhi pemandangaan yang indah, udaranya pun juga sejuk, disana ada penyewaan kursi tenda 25rb, dan biaya masuknya 5rb perorang (harga sewaktu-waktu berubah). Bila anda ke Banyuwangi wajib ke datang pantai ini. (Tls/Frm)

Check Also

WISATA KULINER MBADUG NGANJUK

Nganjuk, HarianForum.com- Kutha cilik sakngisore gunung Wilis, iku pantes dadi pacangkramaning pra turis.,yo kanca neng Sedhudha …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *