Powered by free wordpress themes

Monday , September 20 2021
Home / Politik dan Pemerintahan / Peringatan Hari Lahir Pancasila, Forpimda Jombang Ikuti Upacara Secara Virtual

Powered by free wordpress themes

Peringatan Hari Lahir Pancasila, Forpimda Jombang Ikuti Upacara Secara Virtual

Jombang, HarianForum.com- Peringatan Hari Lahir Pancasila ke 75 tahun 2020 ditengah Pandemi Corona Virus 19 mengambil tema “Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju”.

Pemerintah Kabupaten Jombang secara virtual menggelar upacara peringatan hari lahir Pancasila dihadiri oleh Bupati didampingi Wakil Bupati Jombang, Ketua DPRD, Kepala Kejaksaan, Kapolres, Dandim 0814, Ketua Pengadilan, Sekda, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD dan Kabag. Lingkup Pemkab Jombang. Bertempat di Ruang Media Center Pemkab Jombang.

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, memang telah mewajibkan kepala daerah untuk mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila melalui video conference, Instagram, Facebook, dan YouTube BPIP. Selain itu bisa mengikuti upacara melalui siaran TVRI.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Jombang Hj.Mundjidah Wahab usai mengikuti upacara peringatan hari lahir Pancasila secara virtual. Senin (1/6/2020).

Lanjut Bupati, Upacara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya setelah Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tiba. Dilihat dari siaran langsung melalui video conference, selain Presiden Jokowi beserta Wakil Presiden Ma’ruf Amin, sejumlah Menteri dan Pejabat lainnya pun ikut dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila.

Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo membacakan teks Pancasila dan dilanjutkan dengan pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Meskipun dilakukan secara virtual, seluruh peserta acara peringatan Hari Lahir Pancasila tetap mengenakan pakaian formal selayaknya acara upacara resmi lainnya.
Namun dikarenakan tengah berada di tengah pandemi Covid-19,

Bupati Jombang menambahkan, Seluruh jajaran Forkopimda lainnya tampak mengenakan masker sesuai protokol kesehatan. Tidak hanya itu, pemerintah Kabupaten Jombang juga menghimbau masyarakatnya untuk mengibarkan bendera Merah Putih satu tiang penuh saat peringatan Hari Lahir Pancasila.

“Hari ini Pemerintah Kabupaten Jombang, Saya bersama Forkopimda dan Kepala OPD juga ikut upacara Hari Lahir Pancasila secara virtual.” ucap Bupati Jombang Hj.Mundjidah Wahab.

Tentu momentum ini sebagaimana disampaikan dalam sambutan Presiden tadi bahwa kita semua Bangsa Indonesia diharapkan dalam suasana pandemi Covid 19 ini tetap menjunjung tinggi kebersamaan kegotongroyongan yang dilaksanakan secara masif dan menyeluruh dimasyarakat.

“Insyaallah jika kita bersatu bersama sama dengan tulus ikhlas mau berbagi kita akan mampu mengatasi badai Covid yang datanya tiap hari terus bertambah ini dengan lebih mudah. Tentu, dengan adanya kesadaran dari seluruh masyarakat insyallah secepatnya kita akan dapat memutuskan rantai penularan covid. Apa yang kita laksanakan secara bersama dan penuh kegotongroyongan ini adalah demi kebaikan diri kita sendiri juga orang lain,” ungkapnya

Tidak hanya itu, Bupati juga mengajak seluruh masyarakat untuk memahami butir-butir Pancasila ini sebagai pemersatu bangsa, menjadi bangsa Indonesia sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Marilah kita melihat butir-butir Pancasila ini sebagai pemersatu bangsa, 5 butir Pancasila inilah jangan sampai kita terlena, tetapi kita menjadi bangsa Indonesia sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkasnya(ko)

Check Also

Pemkab Nganjuk Berkomitmen Membela Kelompok Masyarakat Lemah

Nganjuk HarianForum.com – Pergantian pucuk pimpinan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk , nampaknya akan merubah paradigma …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *