Powered by free wordpress themes

Monday , September 20 2021
Home / Politik dan Pemerintahan / Percaya Nggak, Akan ada Seperti ini di Desa Sawiji

Powered by free wordpress themes

Wisata Air Seperti Ini Akan Ada Di Desa Sawiji, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang

Percaya Nggak, Akan ada Seperti ini di Desa Sawiji

Jombang, HarianForum.com – Akan ada wisata alam yang amat elok di Desa Sawiji, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang. Bisa ditempuh hanya 15 sampai 20 menit dari pusat kota Jombang.

Desa Sawiji memiliki sumber air atau embung yang aliran airnya cukup besar dan jernih. Inilah yang akan dikelola dan digali potensinya agar menjadi wisata desa yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat Sawiji.

Mulai dari peniningkatan ekonomi masyarakat sekitar embung, dampak dari pengunjung sampai dengan hasil potensi itu sendiri, dan tentunya karena ini aset desa akan berdampak pula pada kesejahteraan perangkat. “Tidak menutup kemungkinan kita Perdeskan tentang aturan main dan pembagian hasil dari wisata embung nantinya, agar semua secara transparan diketahui dan dilaksanakan bersama antara perangkat desa dan warga.” Ujar Sulaiman kepala desa Sawiji.

Wisata alam yang digagas Sulaiman beserta perangkat dan tokoh masyarakat ini berupa wisata air, yang terletak di Dusun Beji dengan luas 52×49 meter. Rencananya akan dibuat seperti wisata Umbul Ponggok yang ada di Klaten, Jawa tengah.

Didalamnya terdapat ikan yang berwarna-warni dan ada properti-properti lain untuk kelengkapan berfoto dalam air, tidak menutup kemungkinan disediakan juga alat untuk snorkeling.

Wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan yang elok di dalam air yang seakan benar benar berada di wisata laut. Rencana pembangunan wisata air ini akan harus sudah operasional pada 2019.

“Pemikiran saya mulai terbuka dengan banyaknya dana yang digelontorkan pemerintah pusat kepada desa, kesempatan bagi pemerintah desa untuk memaksimalkan manfaat penggunaan dana tersebut, apabila perlu befikir bagaimana dari hasil pembangunan ini nantinya bisa mendatangkan income bagi desa demi kesejahteraan masyarakat, kita juga belum tahu apakah nantinya dana dari pemerintah pusat untuk desa ini akan terus ada selamanya, ataukah ganti pemerintahan ganti kebijakan, untuk itu selagi ada kesempatan kita akan manfaatkan betul dana tersebut.” Ungkap Sulaiman.

Sulaiman Saat Berada Di Sumber Air (Embung)

Diketahui Desa Sawiji terdiri dari empat dusun, Dusun Beji, Dusun Kemiri Galih, Dusun Sawi dan Dusun Gendingan. Pada Anggaran tahun 2017 untuk dana desa (DD) alokasi fisik digunakan untuk paving jalan di Dusun Sawi dan Dusun Gendingan. Serta TPT (Tembok Penyangga Tanah) tiga titik di Dusun Sawi.

Terkait dengan kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) dipusatkan di Dusun Kemiri Galih, dusun ini terdiri dari 135 KK dengan disediakan sekitar 500 polibag dengan jenis tanaman sayuran berupa terong, tomat dan cabai. Kegiata ini bekerjasama dengan Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah, dengan harapan dapat mengenalkan lingkungan dan nilai-nilai edukasi terhadap siswa-siswi serta memberikan contoh kepada mereka sejak dini.(yog)

Check Also

Pemkab Nganjuk Berkomitmen Membela Kelompok Masyarakat Lemah

Nganjuk HarianForum.com – Pergantian pucuk pimpinan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk , nampaknya akan merubah paradigma …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *