Powered by free wordpress themes

Monday , September 27 2021
Home / Peristiwa / Penerimaan Tenaga Kerja Didominasi Orang Luar, Puluhan Warga Geruduk PT. SI

Powered by free wordpress themes

Aksi Unjuk Rasa Geram Kepada PT. Semen Indonesia di Tuban

Penerimaan Tenaga Kerja Didominasi Orang Luar, Puluhan Warga Geruduk PT. SI

Tuban, HarianForum.com – Puluhan warga Ring 1 Semen Indonesia di Tuban yang menamakan GERAM (Gerakan Rakyat Miskin) kemarin Rabu (08/11/17) pagi melakukan aksi unjuk rasa ke PT. Semen Indonesia di Tuban terkait degan penerimaan tenaga kerja salah satu anak perusahaan pabrik semen tersebut.

Dalam orasinya massa mempersoalkan perekrutan tenaga kerja oleh PT. Swadaya Graha yang banyak memasukan tenaga kerja dari luar Ring 1 bahkan tidak sedikit dari luar Tuban.

Purnomo korlap aksi tersebut menuturkan, “Kami yang setiap hari terkena dampaknya, terutama debu dan kebisingan tapi kenapa banyak orang dari luar yang bekerja disini. Jadi kami minta kepada PT. SI selaku induk dari perusahaan PT. Swadaya Graha untuk meninjau kembali rekrutmen yang dilakukan dan untuk memprioritaskan masyarakat Ring 1 yang setiap hari terkena dampaknya”.

Sebetulnya kemarin Senin (6/11/17) sudah diadakan mediasi tetapi belum ada kesepakatan sehingga dilanjut dengan unjuk rasa, tambah Purnomo. Dalam unjuk rasa kali ini Geram membawa beberapa tuntutan diantaranaya masalah pembuangan debu oleh PT. SI dan perekrutan tenaga kerja.

Usai orasi beberapa perwakilan massa diminta masuk ke gedung pertemuan guna mediasi dengan menagemen PT. SI. Suprapto salah satu perwakilan saat di konfirmasi menuturkan sudah adanya beberapa kesepakatan antaran warga dengan managemen terkait tuntutan warga dan berjanji akan menindak lanjuti.

“Sudah ada kesepakatan yang mengikat tadi dan nanti akan di konfirmasikan lewat telepon, kita tunggu saja perkembangan selanjutnya.” Paparnya.

Sementara itu Kasi Humas PT. SI Sani Yuwono mengatakan bahwa pihaknya akan memediasi antara warga dengan PT. Swadaya Graha terkait perekrutan tenaga kerja dan akan memberikan jalan yang terbaik terkait persoalan ini.

“Tadi sudah kita sepakati bahwa dari pihak kami akan memediatori tuntutan warga terkait dengan perekrutan tenaga kerja oleh PT. Swadaya Graha, dan yang terkait dengan tuntutan yang lain kita akan mencari jalan terbaik untuk semua, baik bagi perusahaan dan juga buat warga. Kita akan terus adakan koordinasi.” Pungkasnya. (whin/nur)

Check Also

Pria Asal Pasuruan Ini Ditemukan Tergeletak Bersimbah Darah, Begini Kronologinya

Nganjuk, HarianForum.com- Warga Desa Gentong Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pasuruan MH (19) ditemukan tergeletak bersimbah darah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *