Pertanian

P4S Murtajaya Tempat Penggemblengan Calon Wirausaha Mandiri

×

P4S Murtajaya Tempat Penggemblengan Calon Wirausaha Mandiri

Sebarkan artikel ini
Pupuk Organik dan Pembibitan Horti P4S Murtajaya

HarianForum.com – Situbondo, Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya P4S Murtajaya Jl Cerme 20 Desa Juglangan Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo masih menjadi idola Sekolah Menengah Kejuruan SMK di sekitar Kabupaten Situbondo dan Bondowoso, dalam melatih dan sekaligus memperdalam kompetensi diri di bidang pertanian khususnya hortikultura.

Rebus Susanto selaku pengelola P4S, mengatakan, “P4S kami dipercaya oleh beberapa SMK dan Perguruan Tinggi disekitar Situbondo sebagai tempat untuk menggembleng siswanya dalam memantapkan kompetensi diri,” ujar Rebus Sabtu (01/7/17)

Tidak hanya Knowledge and Skiil pengetahuan dan ketrampilan, namun juga mencakup sikap Etitude prilaku atau mental siswa dalam keseharian menjadi fokus utama dalam permagangan di P4S Murtajaya.

“Mereka rata-rata lemah dalam sikap dan prilaku, belum memiliki dasar, disinilah mereka melatih sikap dan mental sebagai seorang wirausaha mandiri, sedangkan pengetahuan dan ketrampilanya mereka hanya butuh peningkatan kedisiplinan saja,” tambah Rebus.

Yang menjadi amat susah, ketika si siswa itu sendiri tidak memahami apa yang terkandung pada inti permagangan itu sendiri, dia menganggap magang hanya menunaikan kewajiban sebagai siswa yang sudah ditentukan sekolah, “Terkadang,” kata Rebus, “ada siswa yang sampai masa akhir magang sudah hampir selesai, dihari hari terakhir itu dia baru menemukan inti dan makna yang terkandung dalam permagangan secara penuh,” ujarnya.

Lamanya waktu permagangan di P4S Murtajaya untuk tingkat SMK rata-rata 3 bulan dan untuk Perguruan tinggi 2 bulan, adapun yang rutin memagangkan siswa tiap tahun antara lain, SMK PP Tegal Ampel Bondowoso, SMKN I Sumber Wringin, SMK I Tlogosari Bondowoso, SMKN 2 Situbondo, SMK I nurul Huda Situbondo, serta Universitas Abdurrahman Saleh Situbondo,

Produk permagangan yang dikelola P4S Murtajaya adalah pembibitan horti, mulai dari cabe kecil lokal unggul, cabe kecil F1, terong ungu, terong hijau, cabe besar, tomat ranti, semanggka, timun, melon, melon.

Selain pembibitan horti, P4S Murtajaya juga mengelola pembibitan rumput hias, yaitu rumput swiss-golf, rumput jepang dan pumput gajah mini. Dan juga menyediakan media tanam dalam pot kecil.

Produk lain yang dikelola adalah pembuatan pupuk organik dengan merek kompos, untuk pupuk organik ini Rebus melakukan kerjasama dengan masyarakat sekitar dia tinggal, untuk bahan bakunya kotoran ternak warga sekitar Desa Jublangan.

Mengenai harga bibit berfariasi tergantung jenis tanaman, sedangkan harga rumput hias jepang dipatok lebih murah yakni 25 ribu, dan harga rumput swiss seharga 30 ribu permeter. Dengan luas lahan pembibitan rumput 0,3 hektar dan pembibitan horti 0,1 hektar dengan kapasitas 400 ribu bibit.

Pemasaranya menurut Rebus menjangkau wilayah tapal kuda mulai dari wilayah Kabupaten Jember, Kab/Kota Probolinggo, Kab Situbondo, Kab Bondowoso, dan Banyuwangi.(snk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *