Powered by free wordpress themes

Tuesday , September 21 2021
Home / Pertanian / P4S Gading Sejahtera Latih Petani Operasikan Alat Mesin Panen Padi

Powered by free wordpress themes

P4S Gading Sejahtera Latih Petani Operasikan Alat Mesin Panen Padi

Bangkalan, HarianForum.com- Bangkalan merupakan kabupaten yang terletak di sisi Barat pulau Madura. Dengan kondisi geografis yang tidak berbeda jauh dengan pulau Jawa, masyarakat Kabupaten Bangkalan rata-rata juga berprofesi sebagai petani.

Sebagian besar lahan pertanian di Madura merupakan lahan tadah hujan. Lahan yang begitu luas terbentang di Kabupaten Bangkalan juga menimbulkan kendala seperti tenaga dan efisiensi waktu.

Inovasi untuk menghemat tenaga dan waktu tersebut dipraktekkan oleh Moh. Irfan selaku pengelola P4S Gading Sejahtera yang menggunakan mesin Combien Harvester Medium untuk memanen padi.

P4S Gading Sejahtera termasuk P4S dalam klasifikasi penumbuhkembangan ini diresmikan tepat saat Jambore P4S digelar yaitu 25 Februari 2020. P4S ini terletak di Kabupaten Bangkalan yang memberikan pelatihan kepada petani sekitar untuk mengoperasikan alat Combien Harvester Medium. Pasalnya alat tersebut belum banyak diketahui oleh para petani.

Apabila dengan tenaga manusia butuh hitungan hari untuk memanen beberapa hektar padi, maka dengan alat Combien Harvester Medium yang menggunakan solar sebagai bahan bakarnya ini bisa memanen padi selama 2-3 jam per hektar dan dalam sehari bisa memanen 3-4 hektar.

Irfan mengaku bahwa dirinya masih harus banyak belajar untuk menjadi P4S dengan kualifikasi yang baik. Maka dari itu dirinya sangat membutuhkan arahan dan ilmu dari BBPP Ketindan dan FK P4S Jatim agar P4S yang dia kelola bisa memberikan manfaat secara maksimal untuk petani disekitarnya.(Nur)

Check Also

Seandainya Ada SL PHT, Gejala Dan Populasi Hama Bisa Diketahui

Blitar, HarianForum.com- Terbentur adanya kegiatan, HarianForum.com belum berhasil menemui kepala dinas Pertanian dan Pangan kabupaten …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *