Sabtu , Desember 3 2022
45 views
Nasi Jagung Dengan Lauk Juga Sayur

Nasi Jagung, Peluang Bisnis Kuliner Tradisional

Jombang, HarianForum.com – Selain dijadikan sebagai alternatif makanan pokok selain nasi, nasi jagung juga dapat dimanfaatkan sebagai peluang bisnis kuliner dengan mengangkat tema tradisional food. Dengan begitu nasi jagung dapat menjadi kuliner yang dapat ditawarkan kepada masyarakat.

Jagung memiliki potensi besar sebagai alternatif makanan pokok selain beras. Disisi lain secara kandungan gizi jagung memiliki komposisi zat-zat makanan yang lebih komplet daripada beras.

Rasa nasi jagung, serperti halnya nasi dari beras, dipengaruhi oleh kandungan amilosa. Makin rendah kandungan amilosa, rasa nasi jagung menjadi semakin pulen.

Prospek ini sangat menggairahkan karena saat ini masyarakat lebih concern terhadap makanan tradisional yang lebih sehat di bandingkan makanan fast food yang ada sekarang.

Selain itu banyak di kota-kota besar masyarakatnya belum familiar terhadap nasi jagung sehingga bisa ditawarkan sebagai makanan pokok alternatif baru yang lebih sehat.

Pembuatan nasi jagung sangatlah sederhana, supaya empuk jagung direndam semalam, jika akan memasak tinggal dicampur dengan beras dan dikukus hingga tanak.

Nasi jagung biasanya dipadukan dengan lauk pauk telur petis, daging tolotoh, kering kentang, pindang tongkol. Sedangkan untuk sayurnya bisa ditambah dengan tumisan sayur atau lainnya.

Membuka usaha bisnis makanan nasi jagung dapat memberikan nuansa baru didunia kuliner sebagai makanan pokok alternatif bagi masyarakat.

Selain melestarikan budaya kuliner kita, nasi jagung juga menyehatkan masyarakat dan memberikan keuntungan secara finansial bagi pemiliknya karena harganya yang lebih terjangkau. (Bu/Frm)

Check Also

Polres dan Kodim 0810 Nganjuk Berhasil Kumpulan 51 Juta Dana untuk Bantu Korban Gempa Bumi Cianjur

Nganjuk, HarianForum.com- Kali kedua, Polres Nganjuk, Kodim 0810 Nganjuk, Tokoh Masyarakat dan Komunitas Ngajiro (Nganjuk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.