Powered by free wordpress themes

Sunday , December 5 2021
Home / Peristiwa / Meskipun Dimusim Penghujan, Api Mengamuk Didua Lokasi

Powered by free wordpress themes

Petugas Damkar memadamkan Klenteng Poo An Kiong

Meskipun Dimusim Penghujan, Api Mengamuk Didua Lokasi

Blitar, HarianForum.com – Meski  hujan mengguyur hampir setiap hari dengan curah hujan yang cukup tinggi, warga diharapkan tetap menjaga kewaspadaan terjadinya kebakaran. Tidak sedikit yang mengasumsikan pada musim penghujan potensi terjadinya kebakaran lebih kecil dibanding pada waktu musim kemarau.

Senin ( 22/11 )  diperkirakan pukul 15.30 WIB, kebakaran telah melanda di salah satu tempat peribadatan yang berada di Jl. Merdeka Barat, Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar

Kobaran api selain menghanguskan  bangunan klenteng  Poo An Kiong, juga membakar hampir seluruhnya barang yang biasa digunakan untuk peribadatan termasuk patung dewa yang terdapat di dalamnya.

Klenteng yang memiliki usia ratusan tahun tersebut berada ditengah kota dan berdiri selain didekat pusat kegiatan ekonomi warga pasar Legi juga berdekatan dengan pemukiman yang terhitung padat. Langkah serta tindakan yang diambil untuk mengantisipasi kobaran api tidak meluas, tidak hanya mobil pemadam kebakaran milik pemerintah kota  dan pemerintah kabupaten Blitar. Terlihat  unit kendaraan taktis water canon milik kepolisian dan truk tangki air milik dinas lingkungan hidup kota Blitar ikut melakukan pemadaman.

Dihari yang sama dengan waktu yang berbeda , diperkirakan pada pukul 12.00 wib kebakaran terjadi di pabrik Egg Tray atau tatakan telur milik Wandri  yang berlokasi di RT 8 RW 1 dusun Ponggok, desa Ponggok, kecamatan Ponggok, kabupaten Blitar.

Dihubungi Harian Forum.com, kepala seksi Investigasi dan  Penanggulangan Bencana Kebakaran, pemerintah kabupaten Blitar, Tedi Prasojo menyampaikan peristiwa tersebut dipicu terbakarnya ketel uap untuk oven atau pemanas egg tray.

Dibutuhkan waktu 30 menit, petugas pemadam kebakaran kabupaten Blitar dibantu personil dari kepolisian sektor  Ponggok, komando rayon militer Ponggok, Trantib kecamatan Ponggok, perangkat desa, serta warga di sekitar lokasi kebakaran, api dapat dijinakkan.

” informasi yang kami terima, kejadian terbakarnya ketel untuk pemanasan egg tray, pertama kalinya diketahui oleh salah satu warga yang berdekatan dengan lokasi, langsung memberitahukan kepada ibu kepala desa. Kemudian warga sekitar  menghubungi damkar kabupaten Blitar. Bersama personil dari polsek, koramil, kecamatan, perangkat desa serta warga disekitar lokasi kebakaran api bisa dipadamkan kurang lebih 30 menit Sedangkan untuk korban jiwa tidak ada, sedangkan kerugian diperkirakan 15 juta,” jelasnya. (Ans)

Check Also

Warga Jawa Tengah Meninggal Dunia Usai Tabrak Pohon Dipinggir Jalan

Nganjuk, HarianForum.com- Kecelakaan tunggal yang terjadi di jalan umum tepatnya di desa Batembat Kecamatan Pace …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *