Powered by free wordpress themes

Monday , September 27 2021
Home / Kesehatan / Mengejutkan, 34 Pegawai Rokok Sampoerna Positif Covid-19

Powered by free wordpress themes

Mengejutkan, 34 Pegawai Rokok Sampoerna Positif Covid-19

Surabaya, HarianForum.com- Ditengah Pandemi Covid-19, sebanyak 34 pegawai pabrik rokok Sampoerna Surabaya dinyatakan positif Covid-19, dari hasil swab di RSU dr Soetomo Surabaya yang keluar pada hari Jumat (1/5/2020).

dr Joni Wahyuhadi, Direktur Utama RSU dr Soetomo Surabaya mengatakan, 34 pegawai tersebut dari 46 yang mengikuti tes swab gelombang pertama Kamis (30/4/2020) kemarin. “Dari 46 pegawai yang diswab, 34 positif Covid-19,” ujar Joni di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat malam.

Lebih lanjut dirinya, mengatakan, ada 100 pegawai pabrik rokok Sampoerna yang melakukan tes swab di RSU dr Sotetomo Surabaya. “Gelombang kedua sisanya baru melakukan swab Jumat dan paling cepat Sabtu hasilnya baru keluar,” ujar Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jawa Timur ini.

Hasil tes swab tersebut membuat dirinya terkejut karena umumnya kelompok pasien yang dilakukan swab hanya beberapa saja yang positif. “Hasilnya memang sangat mengejutkan. Ini bukti bahwa Covid-19 adalah virus yang infeksius, virus yang cepat menular,” tegasnya.

Klaster Pabrik Sampoerna Surabaya terdeteksi setelah ada dua pegawainya yang meninggal dunia dan dinyatakan positif Covid-19.

Mengingat hal itu, lantas dilakukan rapid test terhadap 500 pegawai, diperoleh 100 pegawai yang reaktif. Dan ditemukan sebanyak tujuh pegawai berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) karena memiliki gejala klinis dan dirawat di rumah sakit rujukan.

“100 orang pegawai langsung diisolasi dan menjalani tas swab dalam dua gelombang. Sementara pabrik lokasi pegawai bekerja dihentikan operasinya sejak 26 April lalu,” pungkasnya.(Red)

Check Also

Wujudkan Herd Immunity, Kapolres Bersama Forkopimda Nganjuk Tinjau Vaksinasi Di Ponpes

Nganjuk HarianForum.com,– Dalam Rangka Bhakti Bhayangkara Untuk Negeri, Polres Nganjuk menggelar serbuan vaksin merdeka semeru …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *