Pendidikan

Mendorong Berfikir Kritis, IMATARA Gelar Lomba Essay Competition 2021

×

Mendorong Berfikir Kritis, IMATARA Gelar Lomba Essay Competition 2021

Sebarkan artikel ini

Blitar, HarianForum.com- Septiana Wulandari, Ketua Pelaksana Lomba Kepenulisan Ikatan Mahasiswa Blitar Raya atau IMATARA Essay Competition 2021 menyampaikan, bahwa lomba penulisan dalam bentuk essay diperuntukkan siswa Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, Madrasah Aliyah dan mahasiswa baik di Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta seluruh Indonesia, dengan memuat tema “Kabudayan ing Masa Pandemi” yang memiliki arti “Melestarikan Kebudayaan di Masa Pandemi” selain untuk melatih kreatifitas dan critical thinking, juga diharapkan mampu melahirkan generasi muda yang unggul dalam menyelesaikan persoalan yang berada di tengah – tengah masyarakat seperti pada saat ini.

Menurutnya, pandemi corona virus disease – 19 atau covid – 19 tidak hanya menimbulkan permasalahan pada bidang kesehatan. Adanya kebijakan dari pemerintah dengan pembatasan aktivitas masyarakat, sebagai upaya pengendalian penyebaran virus severe acute respiratory syndrome corona virus 2, sangat mempengaruhi stabilisasi pada sektor ekonomi, pendidikan, budaya, dan sektor lainnya atau hampir seluruh sektor terdampak. Terjadinya instabilisasi pada sektor tersebut menyebabkan pergeseran tatanan kehidupan masyarakat, dimana aspek kehidupan masyarakat telah berubah dengan cepat.

Ikatan Mahasiswa Blitar Raya merupakan kumpulan intelektual dan cendekiawan muda, berinisiatif mencari solusi inovatif dan ikut berperan menyelesaikan permasalahan dengan menyampaikan sumbangan hasil pemikiran, melalui karya penulisan yang disampaikan pada ruang publik.

“Dalam penulisan essay terdapat dalih yang bisa digunakan untuk memperkuat suatu pendapat atau biasanya disebut argumen, yang tidak hanya menimbulkan ketertarikan namun juga bisa meyakinkan pembaca untuk mempercayai tulisan mengenai situasi maupun kondisi tertentu. Penguatan dengan data atau fakta, tentunya sangat mendukung opini yang dipaparkan atau disampaikan,” tutur mahasiswi Universitas Airlangga Surabaya, kepada HarianForum.com.

Septi menambahkan, Imatara Essay Competition 2021 memiliki tujuan selain meningkatkan wawasan dan kemampuan literasi, juga meningkatkan kemampuan potensi siswa, siswi, mahasiswa dan mahasiswi dalam bidang kepenulisan, serta meningkatkan branding Ikatan Mahasiswa se – Blitar Raya atau IMATARA di lingkup para siswa maupun mahasiswa di seluruh Indonesia.

Mahasiswa pada saat ini sedang mendalami ilmu sifat dan perkembangan masyarakat, struktur sosial, proses sosial dan perubahannya atau dikenal dengan ilmu sosiologi, mengungkapkan dalam perlombaan yang didukung media online HarianForum.com, strategi pelestarian budaya daerah di masa pandemi, inovasi dalam sistem pendidikan dalam pembelajaran jarak jauh, upaya pengembangan ekonomi kreatif dalam pemulihan krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19, dan peran pemuda sebagai agent of health dalam memberantas pandemi Covid -19 menjadi pokok dalam penulisan pada lomba essay nasional.

“Dengan diadakan lomba essay, diharapkan dapat menstimulus literasi maupun menjaring ide, usulan, gagasan, saran atau jalan pikiran, baik para siswa maupun mahasiswa agar tumbuh responsif terhadap situasi maupun kondisi, akibat adanya penyebaran virus lebih dari satu tahun. Dan realitanya pandemi tersebut telah menimbulkan polemik di masyarakat. Lomba penulisan essay nasional ini , turut menjadikan sebagai ajang kompetisi yang elit di kalangan akademika baik pada tingkat sekolah menengah atau sederajat maupun perguruan tinggi,” ungkapnya.(Ans)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *