Powered by free wordpress themes

Monday , September 20 2021
Home / Kesehatan / Manis Buahnya Kaya Manfaatnya

Powered by free wordpress themes

Buah Semangka Manis Rasanya Kaya Manfaatnya

Manis Buahnya Kaya Manfaatnya

Jombang, HarianForum.com – Buah semangka tidak hanya manis rasanya, dibalik rasa manis buah semangka juga kaya manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Manfaat buah semangka sangat baik bagi tubuh yang berperan untuk membantu kesehatan dan menjaga metabolisme tubuh.

Buah semangka mengandung vitamin A, B1, B6 dan yang paling menojol adalah vitamin C. Selain itu buah semangka mengandung asam amino sitrulin, asam spantotenik, tembaga, biotin, potasium, kalium, dan magnesium.

Buah semangka adalah salah satu buah tropis yang menyegarkan dan kaya kandungan air dan sangat cocok dinikmati saat cuaca panas. HarianForum.com akan mengulas manfaat buah semangka bagi kesehatan tubuh kita.

1. Memelihara Kesehatan Ginjal
Kalium yang terkandung dalam buah semangka ini bermanfaat membersihkan zat-zat racun pada ginjal, sehingga membantu kerja ginjal. Buah semangka juga mengurangi kadar asam urat yang menekan resiko pembentukan batu ginjal.

2. Pencegahan Sariawan
Sariawan ditimbulkan dari bakteri yang berkembang biak dengan baik pada rongga mulut yang kering. Memakan semangka memberikan konsumsi air dan vitamin yang dapat mengurangi perkembang biakan bekteri di mulut.

Bagi pencegahannya mengkonsumsi semangka dapat disandingkan dengan vitamin C seperti pada manfaat jeruk, manfaat lemon dan manfaat jambu biji.

3. Mengurangi Resiko Hipertensi dan Stroke
Pada buah semangka terdapat karetenoid yang mencegah pengerasan dinding pembuluh arteri maupun vena yang dapat menyebabkan hipertensi . Kandungan kalium semangka juga berperan untuk menurunkan tekanan dalam darah.

Tentu saja manfaat ini dapat dirasakan jika mengkonsumsi semangka dengan rutin. Kalium juga menyehatkan jantung sehingga akan terhindar dari penyakit jantung.

4. Anti Inflamasi dan Antioksidan
Semangka kaya akan senyawa fenolik seperti flavonoid, karotenoid, dan triterpenoid. Karotenoid dalam semangka sangat bermanfaat dalam mengurangi peradangan dan menetralisir radikal bebas.

Triterpenoid juga hadir dalam semangka, yang memberikan dukungan anti inflamasi dengan menghambat aktivitas enzim yang biasanya menyebabkan peningkatan inflamasi. Pastikan untuk memilih semangka matang, karena mengandung jumlah senyawa fenolik yang lebih tinggi.

5. Otot Nyeri
Semangka telah terbukti mengurangi nyeri otot dan meningkatkan waktu pemulihan setelah latihan pada atlet. Para peneliti percaya ini mungkin lakukan untuk asam amino L-citrulline yang terkandung dalam semangka. (Mft/Frm)

Check Also

Wujudkan Herd Immunity, Kapolres Bersama Forkopimda Nganjuk Tinjau Vaksinasi Di Ponpes

Nganjuk HarianForum.com,– Dalam Rangka Bhakti Bhayangkara Untuk Negeri, Polres Nganjuk menggelar serbuan vaksin merdeka semeru …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *