Powered by free wordpress themes

Saturday , October 23 2021
Home / Pertanian / Lima Puluh Enam P4S di Jawa Timur Siap Menjadi TUK

Powered by free wordpress themes

Bimtek TUK Perdana di Lingkungan P4S

Lima Puluh Enam P4S di Jawa Timur Siap Menjadi TUK

Jombang,HarianForum.com – Lima Puluh Enam Pengelola P4S Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya dari 38 Kab/Kota di Jawa Timur menyatakan siap menjadi TUK Tempat Uji Kompetensi dibawah Lembaga Sertifikasi Profesi LSP Pertanian.

Peryataan sikap dan kesedian itu mereka sampaikan sesaat setelah mengikuti Bimbingan Teknis dari Pusat Pelatihan Pertanian PUSLATTAN BP-SDM Kementan RI. Pada Jumat (21/07/2017) di Jombang.

Dalam Bimtek tersebut Agus Warjito dari menyampaikan tahapan-tahapan dan mekanisme menjadi TUK, menurutnya, dimulai dari Permohonan, kemudian diverifikasi, dan finalnya di setujui atau ditolak

Adapun pengajuan itu banyak hal yang harus dipenuhi, mulai dari panduan mutu, SOP dan dukumen pendukung. Dukumen pendukung antara lain berisikan, Surat Keputusan SK dari ketua P4S yang minimal ada 3 personil, dengan Formasi Ketua TUK, Teknis dan Mutu.Disampaikan juga bahwa TUK yang edial adalah TUK yang menyerupai kerja.

Hari itu, P4S Sedulur Tani yang didirikan pada tahun 2006 ini telah mengawali menjadi TUK, dengan mengajukan permohonan menjadi TUK, dan akan disusul oleh P4S-P4S lain.

Seperti yang diakui Choirul Anam Ketua FK P4S Kabupaten Blitar, dengan adanya Bimtek ini pihaknya segera menyiapkan diri untuk bisa menjadi TUK, kemungkinan akan ada beberapa TUK nantinya di Kabupaten Blitar, “akan kita sesuaikan dengan syarat-prasyarat untuk bisa menjadi TUK.” Ujar Choirul Anam yang juga Kepala desa Gogodeso Kecamatan Kanigoro tersebut.

Hal senada juga disampaikan Ahmad Syaikhu ketua FK P4S Kabupaten Nganjuk, dirinya dan anggota P4S lainya siap menjadi TUK, “Tinggal nanti pengajuannya kita sesuai dengan masing-masing potensi yang dimiliki oleh P4S.” Ujarnya

Kholifah ketua FK P4S Pasuruan yang juga bendahara FK P4S Propinsi Jawa Timur juga menyatakan kesiapannya mengajukan TUK, “saya memberikan apresiasi yang luar biasa kerhadap pelaksanaan Bimtek ini, dengan Bimtek kita menjadi tahu mekanisme tentang Tempat Uji Kompetensi, sehingga kita dapat melakukan Uji kompetensi ditempat kita masing-masing.” Ujar wanita yang pernah menerima anugerah kalpataru ini.

Demikian pula kabupaten Bojonegoro, Kristianingsing ketua P4S gading ini telah mempersiapkan sejak lama untuk bisa menjadi TUK, akan tetapi ada kendala teknis sehingga impiannya tidak dapat terwujud, namun setelah ini dirinya mengaku akan melanjutkan kembali tahapannya dengan mengajukan permohonan TUK melalui LSP pertanian.(snk)

Check Also

Tingkatkan Produktivitas Bawang Merah di Nganjuk, PT Petrokimia Gresik Luncurkan Agro Solution

Nganjuk, HarianForum.com- Petrokimia Gresik, perusahaan solusi agroindustri anggota holding PT Pupuk Indonesia menggelar panen bawang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *