Powered by free wordpress themes

Monday , September 20 2021
Home / Serba-serbi / Lawan Terorisme, Warga Jombang Nyalakan 1.000 Lilin di Ringin Contong

Powered by free wordpress themes

Warga Jombang Nyalakan 1.000 Lilin di Ringin Contong

Lawan Terorisme, Warga Jombang Nyalakan 1.000 Lilin di Ringin Contong

Jombang, HarianForum.com – Ribuan lilin simbol solidaritas kemanusiaan telah dinyalakan ribuan warga Kota Santri, Selasa (15/5/18). Tujuan aksi 1000 lilin tersebut adalah untuk menyalakan semangat anti terorisme di tanah air tercinta, yakni Indonesia.

Kita ketahui bahwa beberapa waktu lalu teror bom telah mengguncang Indonesia, tepatnya di tiga gereja di Surabaya dan di daerah Sidoarjo. Warga sipil yang berada di TKP pun menjadi korban kekejaman para teroris.

Sebelum menyalakan lilin, rangkaian acara kegiatan tersebut adalah sambutan dari Kapolres Jombang AKBP Fadli Widiyanto, Ketua DPRD Kabupaten Jombang Joko Triono, serta orasi dari perwakilan pemuka agama Islam, Kristen, Hindu, Katolik, dan Budha. Orasi juga disampaikan dari berbagai ormas dan komunitas yang ada di Kabupaten Jombang.

“Saya mewakili Polres Jombang dan Polri pada umumnya, malam ini kami mendapat kekuatan yang luar biasa dari masyarakat Jombang untuk berada bersama kami menjaga keamanan dan ketertiban di Jombang khususnya Indonesia.” Ungkap Kapolres Jombang.

AKBP Fadli juga mengatakan bahwa yang menjadi sasaran teroris tidak hanya non muslim, namun saudara muslim juga menjadi korban. Sementara menurutnya target yang kedua adalah Polri, sehingga markas-markas polisi menjadi sasaran terorisme.

Dirinya juga berpesan kepada masyarakat agar merapatkan barisan untuk bersama-sama melawan dan tidak takut teroris, “Teroris tidak ada hubungannya dengan agama apapun, mereka hanya berkedok dibalik nama agama, jadi jika kita bersatu maka apapun masalahnya akan kita selesaikan dengan baik, termasuk terorisme.” Pungkasnya.

Yang menarik adalah orasi singkat yang disampaikan perwakilan dari Gereja Katolik, Romo Sentosa. Dirinya menyampaikan bahwa munculnya terorisme merupakan buah yang ditanamkan selama ini, entah itu dari dakwah, sistim pendidikan dan bermasyarakat. Dengan tegas Romo Sentosa mengatakan, “Berhenti mengatakan kafir kepada saudara kita, baik itu di masjid, gereja atau tempat ibadah lainnya. Karena nanti kita akan menerima buah yang lebih besar lagi dari apa yang kita tanamkan.” Paparnya.

Sementara itu, doa bersama pun dilakukan, setiap pemuka agama bergantian memimpin doa sesuai ajaran agama masing-masing. Semua warga Jombang dari berbagai daerah dan agama sama-sama berdoa demi kedamaian Indonesia, berdoa untuk korban teror bom yang terjadi beberapa waktu lalu, dan berdoa agar Indonesia selalu utuh.

Usai sambutan dan orasi ribuan warga Jombang dengan penuh semangat dan melantangkan suaranya meneriakkan “Indonesia Merdeka.. NKRI Harga Mati.. Pancasila Jaya.. Nusantara Milik Kita.. Jombang Lawan Teroris.. Jombang Kami Tidak Takut.. Jombang Wani..” Teriakan tersebut tak henti-hentinya diucapkan warga Jombang yang berkumpul di titik 0 Kota Jombang, yakni di Ringin Contong, monumen kebanggaan warga Jombang. (Frm)

Check Also

Bhakti Bhayangkara Untuk Negeri, Polres Nganjuk Kembali Gelar Vaksinasi Guna Wujudkan Herd Immunity 

Nganjuk, HarianForum.com– Dalam Rangka Bhakti Bhayangkara Untuk Negeri, Polres Nganjuk kembali lakukan giat vaksinasi covid-19, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *