Powered by free wordpress themes

Tuesday , September 21 2021
Home / Kesehatan / Lari Pagi, Ketahui Manfaatnya

Powered by free wordpress themes

Lari Pagi Sangat Bermanfaat Bagi Tubuh Kita

Lari Pagi, Ketahui Manfaatnya

Jombang, HarianForum.com – Lari sangat bermanfaat bagi tubuh kita, apalagi kita rutin melakukannya. Selain untuk melatih kekuatan fisik, juga memperlancar peredaran darah didalam tubuh.Sehingga aktifitas lari ini dapat dikatakan aktifitas yang sangat penting dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Udara yang terasa masih segar dan belum tercemari oleh asap kendaraan bermotor.

Untuk itu, sisihkan waktu yang luang anda untuk melakukan aktifitas lari. Terutama, usahakan untuk lari pagi. Bangun pagi-pagi dan pergi keluar rumah, tentu akan merasakan sejuknya udara pagi.

Berikut adalah ulasan manfaat lari pagi dari HarianForum.com :

1. Cukup Ampuh Untuk Menurunkan Berat Badan
Seorang ahli menganggap, pagi hari merupakan saat tepat berolahraga karena lebih mudah menjadikannya sebagai rutinitas tetap.Menurut studi, untuk orang yang kesulitan menjadikan olahraga sebagai rutinitas tetap, maka melakukannya di pagi hari merupakan cara terbaik.

Olahraga pagi hari sangat menguntungkan, karena tidak terganggu oleh kesibukan sehari-hari. Lari pagi yang dijadikan kegiatan rutin akan sangat baik untuk membakar kalori.

Untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan, upayakan berolahraga lari pagi minimal 3 kali per minggu. Olahraga lari bisa dilakukan selama 15-30 menit per hari.

2. Membuat Tubuh Bugar
Dengan melakukan aktifitas jalan cepat saja di pagi hari, sudah bisa bermanfat untuk melancarkan sistem peredaran darah di dalam tubuh. Lancarnya peredaran darah di dalam tubuh membuat Anda menjadi bugar dan lebih fit di pagi hari.

3.Menjaga Kesehatan Jantung
Lari pagi dengan kondisi udara yang masih segar ternyata memiliki manfaat besar untuk kesehatan jantung. Orang-orang yang konstan melakukan lari sejauh 16 km dalam seminggu mampu menurunkan resiko hingga 40% dari terkena kolesterol tinggi dan gangguan jantung

4. Membuat Pikiran Tenang dan Fokus
Penelitian yang dilakukan kepada para pekerja di inggris, menemukan bahwa mereka yang rutin melakukan olahraga lari pagi, mampu membuat mereka lebih jarang dalam melakukan kesalahan saat bekerja, serta memiliki daya konsentrasi yang baik.

5. Jarang Terkena Flu
Penelitian di Swedia mengatakan, rutin berlari dengan total 1 jam dalam seminggu mampu menekan serangan virus flu hingga 18% dibandingkan orang yang tidak berlari pagi.

6. Menajamkan Penglihatan Mata
Penelitian yang dilakukan para ahli, menemukan hasil bahwa orang-orang yang rutin olahraga lari memiliki resiko lebih rendah dari terganggunya penglihatan mata karena pada faktor usia, dibandingkan orang-orang yang malas olahraga lari.

7. Meringankan Gangguan Tidur
Olahraga pagi, termasuk lari pagi, dapat meningkatkan kualitas tidur. Sebuah studi mengungkapkan, wanita usia 50-75 tahun dengan berat badan berlebih yang rutin berolahraga pagi dengan total 60 menit per minggu, tidur lebih baik jika dibandingkan yang tidak berolahraga pagi.

Kualitas tidur yang buruk akan memengaruhi hormon tertentu dalam tubuh yang memengaruhi nafsu makan.Kebutuhan tidur yang cukup akan memperbaiki keseimbangan hormon sehingga tubuh mampu mengendalikan nafsu makan. (Kt/Frm)

Check Also

Wujudkan Herd Immunity, Kapolres Bersama Forkopimda Nganjuk Tinjau Vaksinasi Di Ponpes

Nganjuk HarianForum.com,– Dalam Rangka Bhakti Bhayangkara Untuk Negeri, Polres Nganjuk menggelar serbuan vaksin merdeka semeru …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *