Powered by free wordpress themes

Friday , September 24 2021
Home / Serba-serbi / KPU Tuban Sosialisasikan Pemilu dan Pendidikan ke Penyandang Disabilitas

Powered by free wordpress themes

KPU Tuban Sosialisasikan Pemilu dan Pendidikan ke Penyandang Disabilitas

  • Tuban, HarianForum.com- Mengingat Pesta Demokrasi kurang sebentar lagi, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban terus lakukan sosialisasi dan memeberi pendidikan kepada masyarakat, dalam hal ini
    Puluhan penyandang Disabilitas yang ada di kabupaten Tuban, Sabtu (16/2/2019).

Dalam sosialisasi tersebut KPU mengajak penyandang disabilitas, khususnya tuna rungu dan tuna wicara untuk mendapatkan hak politik dan berartisipasi dalam pemilihan Umum ( Pemilu yang akan digelar 17 April 2019 mendatang.

“Pada prinsipnya KPU mempunyai peran untuk memberikan informasi kepada semua pemilih, siapa puniyu semuanya wajib mendapatkan informasi dan terkait bagaimana tatacara menggunakan hak pilihnya,” jelasnya.Devisi Panitia Pengawas Pemilih (Panwas), Sumber Daya Manusia (SDM) dan PARMAS, Yayuk Dwi A.

Ia membeberkan, pada sosialisasi kali ini KPU mendatangkan guru bantu asal Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Negeri Tuban. Guru bantu tersebut menjelaskan tentang teknis pemilihan, terutama memberikan pemahaman tentang mekanisme pelaksanaan Pemilu.

“Kami juga mendatangkan penerjemah agar mudah dipahami apa yang saya sampaikan, sementara untuk waktu pemilihan nanti kita sediakan tempat pemungutan suara ( TPS) khusus,” tambahnya.

Di ketahui dalam Pemilu serentak yang akan di gelar pada 17 April 2019 mendatang, setipa satu orang mendapatkan 5 surat suara, diantaranya Surat suara berwarna kuning untuk DPR-RI, warna Biru untuk DPRD-Provinsi, warna Hijau untuk, DPRD- Kabupaten atau Kota, Warna Merah untuk DPD-RI, sementara untuk warna Abu-abu untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden.

Sementara koordinator relasi relawan demokrasi basis difabel Fira Fitria yang juga memiliki kebutuhan khusus tersebut mengharapkan, dengan adanya acara ini bisa meningkat partisipasi pemilu yang akan di gelar pada 17 April mendatang khusunya untuk penyandag disabilitas.

“Saya berharap dengan adanya acara ini bisa meningkatkan partisipasi pemilu yang akan di gelar 17 April mendatang,” jelas nya saat mengikuti acara sosialisasi dan pendidikan di aula KPU yang berada di jalan pramuka.(tbn01)

Check Also

Polres Nganjuk Terus Gelar Vaksinasi Semeru 2021 Di 3 Lokasi Sekaligus

Nganjuk, HarianForum.com– Bertempat di 3 titik sekaligus, Rabu (22/09/2021) Polres Nganjuk menggelar giat vaksinasi yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *