Friday , August 19 2022
Komisi II bidang Pendidikan Koperasi Saat Bersidang (moment Kongres III Makassar)

Kongres III Koperasi, LSP Bisa Jadi Alternatif

Makassar, HarianForum.com – 12 Juli 1946 memang menjadi sejarah perkembangan ekonomi Negri ini, hari itu Muhamad Hatta memprakarsai Koperasi indonesia sebagai pilar perekonomian rakyat di Negeri ini, dari Anggota, Untuk Anggota dan Oleh Anggota, itulah Lebel Kopetasi, kerjasama yang saling menguntungkan dan gotong royong menjadi azasnya.

Hari ini di Hotel Grand Clarion Hotel & Convention Makassar para pelaku gerakan koperasi se Indonesia berkumpul, mereka melakukan Kongres Koperasi ke- III tgl 11-15 Juli 2017.

Siti Maidah, S.Kom,MM delegasi dari Dekopinda Sidoarjo Jawa Timur mengatakan, kongres kali ini bertema “Membangun Komintmen Untuk Mewujudkan Koperasi Sebagai Pilar Negara” tema ini memang mengandung makna yang sangat dalam.

Dalam Kongres ini Siti Maidah masuk pada komisi komisi II yang membidangi Pendidikan Koperasi, ada tiga point yang disidangkan pada Komisi II yakni, Filosofi, konten dan kelembagaan.

Menurutnya soal pendidikan koperasi, memang perlu perhatian kusus, mulai dari kurikulum, sampai bahan ajar, dan bahkan kopetensi dari pengajar itu sendiri, semuanya membutuhkan riset, sedangkan disisi lain riset koperasi sendiri masih sangat minim.

Berikutnya adalah, kelembagaan, dalam penataan kelembagaan, harus ada pemetaan riil, karena fakta IKOPIN tidak bisa menjangkau daerah-daerah hingga pelosok. IKOPIN perlu didorong pertumbuhanya di daerah-daerah.

Yang menjadi kendala utama adalah kebijakan Pemerintah, Moratorium menjadi kendala, ketika itu terjadi jalan keluarnya adalah LSP sebagai alternatif, pendidikan bersertifikasi yang akan bergerak (snk)

Check Also

Kapolres Nganjuk Ingatkan Tidak Ada Arak-Arakan Kendaraan Motor Saat Acara Pengesahan Warga PSHT

Nganjuk, HarianForum.com – Kapolres Nganjuk AKBP Boy Jeckson, S.H., S.I.K., M.H. mengingatkan agar peserta dan pendukung …

Leave a Reply

Your email address will not be published.