Powered by free wordpress themes

Saturday , October 23 2021
Home / Galeri Bisnis / Komitmen Nyata PT. Semen Indonesia Merealisasikan Dana CSR untuk Pemberdayaan Masyarakat

Powered by free wordpress themes

Komitmen Nyata PT. Semen Indonesia Merealisasikan Dana CSR untuk Pemberdayaan Masyarakat

Tuban, HarianForum.com- Program Pemberdayaan Masyarakat Semen Gresik (P2M-SG) telah sampai pada fase realisasi dana. Senin, 26 November 2018 di Balai Desa Temandang Kecamatan Merakurak. Dana sebesar 250 juta diserahkan kepada FMK dan OMS untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat Desa Temandang. FMK Mengadakan ceremony program atau launching program yang bertempat di balai desa untuk selanjutnya menyerahkan dana kepada OMS sesuai besar realisasinya secara tunai tanpa ada potongan.

Acara ini dihadiri oleh Perwakilan PT. Semen Indonesia (Pabrik Tuban), Tim Konsultan P2M-SG, Pemerintah Desa, Babinkamtibmas, Babinsa, ketua Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) sebagai penerima manfaat, dan Tokoh-tokoh Masyarakat.

Dalam sambutannya, Wahib Susanto Koordinator FMK Temandang Kokoh Desa Temandang mengungkapkan, ”Adanya P2M-SG mampu mengubah pola pikir kita tentang pentingnya memperdayakan masyarakat untuk program yang berbasis komunitas. Partisipasi nyata masyarakat bisa mengusulkan dan melaksanakan programnya atas dasar yang baik. Tegasnya. Sedangkan Kepala Desa Temandang, Tinik, menuturkan P2M-SG sangat baik untuk mendukung masyarakat menjadi lebih berdaya mandiri serta berkemajuan. Terima kasih atas segala unsur maupun pihak yang telah mendukung program ini. Khusunya pihak PT SI yang telah menggelontorkan dana CSR untuk warga kami. Setidaknya terdapat 11 (sebelas) kegiatan yang tercover dalam program ini, yang didalamnya mayoritas unsur pemberdayaannya”, katanya.

Rincian 11 (sebelas) kegiatan tersebut meliputi, Pertama, untuk pemberdayaan FMK mendapatkan alokasi dana Rp. 25.000.000,- Kedua, kelompok tani dengan programnya Saprotan dengan nominal realisasi Rp. 25.000.000,-. Ketiga, MTs Sabilul Muttaqin mendapat realisasi Rp15.000.000,- untuk Peningkatan intelektual dan Pemberdayaan Anak dalam Pendidikan Komputer.

Keempat, KB Kartini dengan kegiatan Pembangunan Sarpras dan APE senilai Rp20.000.000,-. Kelima, MI Sabilul Muttaqin Pengadaan Unit Komputer Server senilai Rp12.000.000,-,
Keenam, TPA Al Mustofa Pengadaan sarpras (Bangku, Buku dan Papan tulis) sejumlah Rp10.000.000,- Ketujuh, TK Kartini senilai Rp10.000.000,- untuk Peningkatan Sarana Pendidikan dan APE. Kedelapan, TK Tarbiyatul Umam senilai Rp15.000.000,- untuk Peningkatan Sarana Pendidikan dan APE.

Kesembilan, Masjid At Taqwa dengan kegiatan Pembangunan bagian Masjid senilai Rp43.000.000,-. Kesepuluh, RA At Taqwa senilai Rp20.000.000,- untuk Pemasangan Paving Blok. Dan kesebelas Bank Sampah Kencana Madya senilai Rp55.000.000,- Pengembangan Fasilitas Bank Sampah Desa Temandang. Sehingga seluruhnya berjumlah Rp. 250.000.000,- .

Perwakilan PT. Semen Indonesia H. Andik Sutikno, dalam sambutannya mengungkapkan, “Bahwa seluruh proses melalui tahapan P2M-SG berbasis pemberdayaan masyarakat dengan mengedepankan gagasan dan aspirasi masyarakat setempat. Sehingga didapatkan kegiatan yang benar-benar menjadi kebutuhan masyarakat. Dilaksanakan oleh masyarakat dan dimanfaatkan pula oleh masyarakat“. Terangnya.

“Seraya kami mengharap dukungan dan kerjasama seluruh warga Temandang, kalau membangun rumah dan infrstruktur fisik lainnya tetap setia pada Semen Gresik dan mohon doanya agar PT. Semen Indonesia (persero) Tbk. tetap kokoh dan tertandingi”, pungkasnya.

Bahwa penetapan para OMS dan alokasi dana melalui tahapan verifikasi yang cermat, realistis dan obyektif secara berjenjang dengan melibatkan para stakeholder yang berkompeten. Terang Tim Ahli P2M-SG, Suyitno.

Pak Yit sapaan akrabnya merinci, ada 24 Desa dan 3 Kecamatan yakni Jenu, Merakurak, dan Kerek jadi total 27 tempat yang masing-masing mendapat alokasi dana 250 juta. Totalnya senilai 6,75 miliar dengan spesifikasi 675 juta untuk pemberdayaan 27 FMK (setiap 1 FMK ada 4 anggota) dan 6,075 miliar untuk OMS dengan kegiatan yang bervariasi. Namun, semuanya berbasis pemberdayaan masyarakat. Ungkapnya.

Pasca pencairan dana kepada FMK dan OMS, agar memperhatikan mekanisme dan tatacara penyusunan laporan pertanggungjawaban secara obyektif dan akuntable sebagaimana yang telah kami sampaikan pada saat Choaching dan Conselling kepada FMK dan OMS. Tutupnya.(tbn01/Nur)

Check Also

Bubur Ayam Tasik Mamau, Sensasi Gurih Tanpa Kuah

Blitar, HarianForum.com- Tidak berkuah dan tekstur buburnya tidak terlalu kental, namun cita rasa yang dihasilkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *