Powered by free wordpress themes

Tuesday , October 19 2021
Home / Serba-serbi / Khusyuk, Gema Takbir Keliling Karangasem pun di Senandungkan

Powered by free wordpress themes

Tampak arak arakan depan dari TK. Tunas harapan desa Karangasem.

Khusyuk, Gema Takbir Keliling Karangasem pun di Senandungkan

Tuban, HarianForum.com- Banyak cara untuk merayakan dan menghidupkan malam Hari raya, salah satunya dengan menghidupkan malam dengan membaca Takbir kemenangan setelah sebulan lamanya berperang melawan hawa nafsu dan menjalankan Puasa, ada pula yang dengan menyalakan kembang api dan petasan demi untuk memeriahkan suasana malam hari raya.

Selasa (04/06/2019) ada kemeriahan tersendiri di seputaran Balai Desa Karangasem ,para santri TPA dari masing-masing lembaga yang ada di desa setempat tersebut berkumpul kompak memakai baju berwarna Senada dan membawa lampu obor elektrik, ada juga yang masih memakai lampu obor manual yang menggunakan minyak bumi dan sumbu sebagai perangkat utamanya.

Sebagian Panitia Takbir keliling sesaat sebelum pemberangkatan.

Tepat pada pukul 19. 30 WIB acara “Gema Takbir keliling Karangasem” dimulai , dibuka dengan sambutan dari ketua jamiyah tahlil Nurussyabab dan sambutan dari PLT Desa Karang Asem ( H.Idris ) .acara yang berlangsung tersebut di ikuti oleh santriwan santriwati dari TK. Tunas Harapan, SDN. Karangasem, MI. Islamiyah dan SMP. Sabilul Muhtadin tersebut formasinya sesuai dengan tingkatannya yaitu mulai dari yang kecil hingga yang berumur dewasa, diakhiri dengan grup tongklek di barisan terakhir.

Acara yang diprakarsai oleh jamiyah tahlil Nurussyabab, organisasi keagamaan yang bernaung di bawah Kartar Sekar bawono Desa Karangasem, Adapun rute yang dilalui arak-arakan gema takbir keliling tersebut adalah mengambil start di depan Balai Desa Karangasem menuju Desa merkawang terus menuju Desa satriyan kemudian kembali lagi ke garis finish semula yaitu di depan Balai Desa Karangasem, antusiasme warga pun terlihat sangat bersemangat mengiringi anaknya yang mengikuti takbir keliling dan yang tidak mengiringi anaknya pun bergerombol di sepanjang jalan demi untuk melihat penampilan dan arak-arakan gema takbir keliling dan meriahnya permainan musik dari group Tongklek besutan para pemuda tersebut.

Demi kelancaran dan keamananan panitia pun di bantu oleh Babinkamtibmas dan Babinsa Desa Karangasem.

Sementara itu ketika dikonfirmasi oleh media HarianForum.com panitia gema takbir keliling, Haji Ahmad Tamim menyatakan “Kami sampaikan beribu-ribu terima kasih kepada semua pihak atas terlaksananya acara kali ini, semoga amal baik kita menghidupkan malam di hari Raya Idul Fitri ini diterima oleh Allah SWT.” pungkas beliau.

Setelah takbir keliling pagi harinya di lanjutkan dengan Sholat Idul Fitri dan kemudian di lanjutkan dengan saling maaf memaafkan dengan keluarga, handai taulan dan tetangga sekitar, semoga jiwa kita kembali fitri, selamat hari raya Idul Fitri I440 H, Minal aidin wal faizin mohon maaf lahir dan bathin. (Tbn02)

Check Also

Ratusan Pedagang Kaki Lima Kecamatan Pace Teima Bantua Dari Polres Nganjuk

Nganjuk, HarianForum.com– Kawasan Kecamatan Pace tidak luput dari salah satu lokasi yang mendapat bantuan dana …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *