Powered by free wordpress themes

Sunday , December 5 2021
Home / Politik dan Pemerintahan / Keunikan Dibalik Pelayanan Pemdes Podoroto, Kesamben Jombang

Powered by free wordpress themes

Drs. Anshorul Hakim Kades Podoroto Kecamatan Kesamben Jombang

Keunikan Dibalik Pelayanan Pemdes Podoroto, Kesamben Jombang

Jombang, Harian Forum.com- Pelayanan prima sudah biasa terjadi dikalangan Pemerintah Desa, tetapi tidak semunya memiliki keunikan, seperti yang terjadi di Desa Podoroto, Kecamatan Kesamben Jombang.

Senin (11/09/2017) Drs. Anshorul Hakim kepala desa Podoroto mengatakan kepada Harian Forum, “Di kantor Desa ini perangkat tidak merasa sedang berada ditempat kerja, namun mereka serasa dirumah sendiri, saya buat kantor desa ini menjadi rumah kedua mereka, agar mereka bisa melayani kebutuhan masyarkat dengan tenang, baik dan benar.” ujarnya

Pria yang menjabat kepala desa sejak tahun 2007 dan akan berakhir pada tahun 2019 untuk periode ke-2 nya ini tak henti-hentinya membenahi ruang pelayanan, “Tidak hanya masyarakat Podoroto yang merasa nyaman dengan ruangan ini,” katanya sembari menujukan ruang pelayanan yang bersih dan rapi itu.

”Tetapi” lanjut dia, seluruh perangkat juga merasa nyaman dan betah di balai desa karena memang ruangan kita dibikin senyaman mungkin, mau ngopi tidak perlu keluar kantor, lapar pada jam kerja tidak harus keluar kantor, kalau hanya sekedar merebus mie atau masak seadanya yang sifatnya dadakan, semua fasilitas tersedia, “mulai kulkas, kompor dan peralatan dapur, lengkap semua ada.” Ungkapnya

Maka tak heran apabila setiap hari dari Pukul 8 pagi hingga pukul 16: 00 mereka memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik, dan sabar, karena situasi yang nyaman itu membuat mereka betah dikantor.

Bahkan sarana ibadahpun juga dibangun dilingkungan balai desa agar bagi perangkat yang ingin melaksanakan ibadah sholat tak perlu jauh-jauh keluar dari lingkungan, demikian juga masyarakat, yang menunggu pelayanan selesai juga bisa melaksanakan ibadah sholat.

“Sudah sejak lama Pemerintah Desa Podoroto membuat sistem pelayanan desa menggunakan sistem komputerisasi, hal itu selain untuk kemudahan perangkat melaksanakan tugasnya juga mempercepat proses pelayananya, tinggal Copy-paste saja, tidak perlu mengetik ulang dari awal.” Demikian disaampaikan

Desa yang terdiri dari lima Dusun ini, yakni, Dusun Garu, Dusun Kedung Boto, Dusun Kedung Dowo, Dusun Ngemplak, dan Dusun Kalikonto ini setiap tahun mengadakan lomba lingkungan, meliputi tertib administrasi kependudukan dan kebersihan lingkungan.

Hal tersebut menurut Drs. Anshorul Hakim, bertujuan untuk memberikan mutifasi kepada RT/RW dalam mengabdi kepada masyarakat, segala sesuatunya harus tercatat dan teradministratif dengan baik, dan bagi pemenangnya selain mendapatkan piala mereka juga mendapatkan uang.

Desa Podoroto memang punya keunikan sendiri di banding desa-desa lain di Jombang, di desa Podoroto RT dan RW dilantik secara serentak oleh Kepala Desa.(yog/un/sn)

Check Also

Rapat Lintas Sektoral, Kapolri Paparkan Strategi Cegah Lonjakan Covid-19 Saat Nataru

Jakarta, HarianForum.com- Pemerintah, TNI, Polri dan instansi terkait menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) lintas sektoral untuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *