Powered by free wordpress themes

Tuesday , October 19 2021
Home / Ekonomi / Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Budidayakan Sorgum Di Blitar Selatan

Powered by free wordpress themes

Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Budidayakan Sorgum Di Blitar Selatan

Blitar, HarianForum.com- Walaupun kesibukannya dengan aktivitas sebagai pejabat lembaga publik, orang nomor satu di legistatif kabupaten Blitar ini ternyata sangat responsif dengan kondisi iklim dan musim dengan mencari solusi untuk menghadapi musim kemarau yang sekarang terjadi, terutama untuk mendapatkan alternatif tanaman bahan pangan yang mampu bertahan atau tetap bisa produksi walaupun dalam kondisi kekeringan.

”Melihat daerah kabupaten Blitar di daerah pegunungan selatan pada saat musim kemarau, jangan berfikir dulu untuk kebutuhan air pertanian atau pengairan pada tanaman. Kebutuhan air bersih harus dipenuhi untuk sehari hari karena banyak daerah disana masih mengalami kesulitan air ketika musim kemarau. Akan tetapi kalau memang tanaman sorgum bisa bertahan dengan minimnya kebutuhan air, sangat tepat kalau dibudidayakan di daerah Blitar selatan,” ungkap Suwito Saren Satoto, dalam perbincangan pada saat menerima Penggiat Budidaya Sorgum Blitar Raya, Syafik Zamzam

Suwito merespon apa yang disampaikan Syafik Zamzam, bahwa sorgum merupakan tanaman mempunyai akar serabut sehingga mampu bertoleransi terhadap tanah kering dan sangat berpotensi menjadi salah satu pilihan sebagai pengganti tanaman padi yang stagnan apabila ditanam pada daerah kabupaten Blitar wilayah selatan, terutama pada lahan kering pegunungan atau lahan yang tidak produktif.

”Saya mendapat informasi yang sama dengan signifikasi pembudidayaan tanaman sorgum. Dan saya juga tertarik dengan paparan tentang tanaman sorgum secara konkrit, nanti kita dorong kepada pihak atau lembaga yang berkompeten untuk pembudidayaan tanaman pangan di kabupaten Blitar, dan saya akan menanam sendiri juga,” tukas ketua DPRD kabupaten Blitar

Syafik menambahkan pemaparannya bahwa sorgum mempunyai sistem perakaran yang halus dan letaknya agak dalam sehingga mampu menyerap air cukup intensif. Pada daunnya terdapat lapisan lilin berfungsi untuk mengurangi atau menahan penguapan air dari dalam tubuh tanaman, sehingga tanaman tersebut mampu bertahan hidup di lahan tanam kering atau minim air.

”Biasanya sering disebut cantel, sorgum merupakan tanaman yang mempunyai manfaat, daunnya bisa untuk makanan ternak. Biji sorgum bisa menjadi digunakan pengganti bahan pangan sehari hari. Biji sorgum tidak hanya dapat diolah menjadi makanan pokok sehari hari seperti nasi. Akan tetapi bisa di dibuat menjadi kue, roti kering atau makanan lain sesuai kreativitas dan yang paling mudah membuat bubur sorgum,” terangnya.

Dikutip dari researchgate.net, sorgum adalah sereal yang paling banyak diproduksi kelima di dunia, dan merupakan sumber nutrisi dan senyawa bioaktif untuk makanan manusia. Sorgum pada dasarnya terdiri atas pati, yang lebih lambat dicerna daripada sereal lain, memiliki protein yang mudah dicerna dan lemak tak jenuh, dan merupakan sumber dari beberapa mineral dan vitamin.(Ans)

Check Also

Terdata 20.428 Ribu Lebih Pelaku UMKM Di Kabupaten Blitar

Blitar, HarianForum.com- Siti Umi Sofiah, sebelum adanya pasar dalem UMKM dalam kesehariannya berdagang capar punten …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *