Powered by free wordpress themes

Thursday , October 21 2021
Home / Serba-serbi / Kesulitan Pakan Ternak, Jerami Kering Menjadi Solusi

Powered by free wordpress themes

Kesulitan Pakan Ternak, Jerami Kering Menjadi Solusi

Tuban, HarianForum.com- Kemarau panjang yang melanda di sebagian wilayah indonesia mengakibatkan kekeringan lahan pertanian, hal itu berimbas pada penyediaan pakan rumput sebagai makanan pokok ternak sapi.

Hal ini juga terjadi di Kecamatan Kerek dan beberapa kecamatan lain diwilayah barat Kabupaten Tuban, Kacung Suprapto, Warga Dusun Koro Desa Pongpongan ini misalnya, Pria 49 tahun tersebut mengeluhkan susahnya mendapat pakan untuk mencukupi kebutuhan ketiga ekor sapinya, “Terpaksa beli dami(jerami ; red). Bagaimana lagi, disini tidak ada lagi yang bisa di ambil,” keluh Kacung.

Hal senada di sampaikan Tikno, warga salah satu desa di Kecamatan Kerek ini harus menghadapi kenyataan sulitnya mencari rumput, “Iya mas, kemarin saya ambil satu pick up, semoga nyampek pada musim hujan nanti,” ucapnya lirih.

Terjadinya kesulitan pakan ternak tersebut rupanya menjadi berkah tersendiri bagi penyedia jasa angkutan mobil bak terbuka setempat, Anam salah satu pemilik armada saat ditemui media ini menuturkan, “Alhamdulilah ada banyak permintaan jerami, ya terpaksa kita layani, kita saling bantulah,” tuturnya.

Ditanya soal harga setiap satu pick upnya, lelaki warga desa Temandang itu mengatakan, “Sesuai jarak tempuh pengambilan dan titik antar, tapi dalam kisaran yang terjangkau,untuk ambilnya diarea lamongan dan gresik, disana panen raya,” papar Anam.

Berdasar pantauan, setiap hari puluhan pick up memuat jerami melintas dikawasan, merakurak, kerek dan montong sebuah simbiosis yang sehat tentunya, antara peternak dan pengusaha angkutan.(tbn 01)

Check Also

Launching Aplikasi Balanjha.com, Kapolda Jatim harap dapat dongkrak ekonomi sektor UMKM

Surabaya, HarianForum.com- Upaya dalam mendongkrak perekonomian di Jawa Timur, Pengurus Daerah Bhayangkari Jatim dalam rangka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *